• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tips hari ke 09 Ramadhan tentang Manfaat Puasa Ramadhan "Puasa Dapat Mengaktivasi Autofagi"

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 02 Mei 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1225

FIKES UPNVJ - Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Univeristas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta memberikan Tips hari ke 09 Ramadhan tentang Manfaat Puasa Ramadhan " Puasa Dapat Mengaktivasi Autofagi ".

Autofagi adalah mekanisme pembongkaran bagian-bagian sel yang sudah tua (seperti organel-organel sel, protein, dan membran sel) yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup energi untuk mempertahankannya. Mekanisme autophagy (autofagi) ditemukan oleh Yoshinori Ohsumi dan mendapatkan Hadiah Nobel Fisiologi dan Kedokteran tahun 2016.
tips9.jpg
Gangguan autofagi berkaitan dengan kemunculan kanker, diabetes tipe 2, penyakit-penyakit infeks virus dan bakteri, penyakit-penyakit imunologis  dan penyakit-penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer (Van Noorden & Ledford 2016). Pada saat kita berpuasa, kadar insulin menurun, sementara glukagon yang berfungsi meningkatkan kadar gula darah meningkat. Peningkatan glukagon menstimulasi proses autofagi yang membersihkan sel dari organ-organ tubuh yang rusak (Fung 2016)

Puasa yang baik dan benar membuat tubuh akan memperbarui sel-sel yang rusak. Hal ini terjadi pada puasa hari ke-5. (Hardinsyah 2020)

#ramadan #ramadhan #ramadhantiba #puasa #puasaramadhan #puasa2020 #tipspuasa

Info lengkap tentang tips Ramadhan bisa cek di IG  Program Studi S1 Ilmu Gizi

https://www.instagram.com/gizi.upnvj/

Informasi