• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tips di Hari Ke 17 Ramadhan tentang Puasa Bagi Penderita Gastroesopphageal Reflux (GERD)

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 10 Mei 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 653

FIKES UPNVJ -  Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta memberikan Tips di Hari Ke 17 Ramadhan tentang Puasa Bagi Penderita Gastroesopphageal Reflux (GERD)
tips17.jpg
Tips puasa bagi penderita GERD

GERD adalah kondisi naiknya asam lambung hingga terasa di bagian kerongkongan. Penderita akan merasakan heartburn atau sensasi rasa terbakar atau nyeri pada bagian atas perut atau dada, biasanya akan muncul rasa mual, kembung, rasa sakit saat menelan, mulut terasa asam dan rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan.

Tips sahur dan berbuka puasa bagi penderita GERD
1. Disarankan minum air putih hangat saat sahur dan berbuka, hindari minum air dingin manis/asam/bersoda karena akan memicu naiknya asam lambung
2. Konsumsilah makanan yang mudah dicerna dengan porsi kecil yang mengandung karbohidrat seperti lontong isi, kentang rebus, kurma dan roti isi
3. Pengolahan makanan diutamakan dengan cara direbus, dikukus, ditumis.
4. Makanan yang dapat dihindari untuk mencegah kambuhnya penyakit.
Contohnya, makanan yang mengandung gas, kadar gula tinggi, makanan asam pedas, makanan tinggi serat, lemak, dan makanan yang sulit dicerna juga harus dikurangi karena dapat membuat kerja lambung lebih berat.
5. Makanlah secara perlahan dan hindari berbaring atau tidur setelah makan.
6. Hindari stress
Kelola stress dengab beristirahat sejenak jika lelah, dan lakukan sejumlah teknik relaksasi, latihan pernapasan, atau yoga atau kegiatan positif lainnya yang anda sukai. (NIS)

#ramadhan #ramadhantiba #ramadan2020 #ramadan #puasa #puasaramadhan #puasa #tipspuasa

Informasi