• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tips di hari ke 16 Ramadhan tentang Manfaat Puasa Ramadhan "Puasa Ramadhan Mengurangi Level Sitokin Pro Inflamasi"

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 09 Mei 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 760

FIKES UPNVJ - Program Studi S1 Ilmu Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta memberikan Tips di hari ke 16 Ramadhan tentang Manfaat Puasa Ramadhan "Puasa Ramadhan Mengurangi Level Sitokin Pro Inflamasi"

tips_16.jpg
Bukti Empirik Puasa Ramadhan mengurangi level sitokin pro inflamasi.

Suatu studi potong lintang kepada 50 wanita dan pria sehat di Al-Quds Jordan menginvestigasi hubungan puasa di bulan Ramadhan dengan level sitokin pro inflamasi.
Secara keseluruhan, studi ini mendukung hipotesis bahwa puasa di bulan Ramadhan pada individu yang sehat, secara efektif menurunkan proses inflamasi yang ditandai dengan berkurangnya level sirkulasi sitokin pro inflamasi (IL-1β, IL-6 dan TNF-Alfa). Hal tersebut dapat dijelaskan karena selama puasa kadar glukosa dalam tubuh akan berkurang dan menginisiasi lipolysis (pemecahan lemak tubuh), sehingga sitokin pro inflamasi yang sedari awal diproduksi oleh jaringan lemak akan ikut berkurang.
Ekspresi sitokin yang berkurang dapat berkontribusi terhadap menurunnya potensi beberapa penyakit autoimun, seperti aterosklerosis, rheumatoid arthritis (peradangan sendi), resistensi insulin, penyakit jantung dan berbagai jenis kanker. (DLS)
(https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23244540)

#ramadhan #ramadhantiba #ramadan2020 #ramadan #puasa #puasaramadhan #puasa #tipspuasa

Informasi