• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sharing Session I OHSEF UPNVJ 2024 “Fire Safety 101: Proactive Approach To Prevent Workplace Fires And Minimize The Risk” OHSEF UPNVJ 2024

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 01 April 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 83

FIKES UPNVJ - Pada hari Senin, 25 Maret 2024 telah terlaksana program kerja Sharing Session I OHSEF UPNVJ 2024 dengan tema “Fire Safety 101: Proactive Approach to Prevent Workplace Fires and Minimize The Risk”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pengurus Occupational Health, Safety, and Environment Forum (OHSEF) UPNVJ 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 28 mahasiswa/i Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya pembelajaran pendekatan proaktif untuk mencegah kebakaran di tempat kerja. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa mengenai kebakaran, meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya mempelajari kebakaran di tempat kerja dari sisi K3, dan dapat menerapkan upaya pencegahan kebakaran, rencana tindakan darurat, teknik pengendalian, dan prosedur evakuasi kebakaran di tempat kerja. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa rangkaian acara yang telah dilakukan. Kegiatan ini diawali dengan registrasi dan pengisian pre-test oleh peserta. Pengisian pre-test dilakukan untuk mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum pemaparan materi. Lalu, dilanjut dengan pembukaan oleh MC, yaitu Nicolaus Bevan Pramudito selaku mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta angkatan 2021.

WhatsApp_Image_2024-04-01_at_10.55.00.jpeg

Kegiatan dilanjut dengan pembacaan susunan acara, pembacaan tata tertib, pemutaran safety induction, serta pemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Acara selanjutnya adalah sambutansambutan yang diberikan oleh ketua pelaksana yaitu Amanda Permadi Putri, ketua OHSEF UPNVJ 2024 yaitu Muhamad Naufal, dan koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana yaitu Ibu Dr. Chandrayani Simanjorang, S.K.M., M.Epid.

WhatsApp_Image_2024-04-01_at_10.56.05.jpeg

Rangkaian acara selanjutnya adalah pembacaan Curriculum Vitae (CV) moderator oleh MC dan acara selanjutnya diserahkan kepada moderator. Kemudian, dilanjut dengan sesi pemaparan materi yang diawali dengan pembacaan Curriculum Vitae (CV) Narasumber 1 oleh moderator. Pemaparan materi disampaikan oleh oleh Narasumber 1 yaitu Ibu Dr. Suparni, S.T., M.K.K.K mengenai Fire Safety Management selama 30 menit. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjut dengan sesi talkshow dan tanya jawab bersama Narasumber 1 yaitu Ibu Dr. Suparni, S.T., M.K.K.K

WhatsApp_Image_2024-04-01_at_10.57.15.jpeg

Narasumber 2 yaitu Bapak Hasan perwakilan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok. Sesi talkshow dan tanya jawab dipimpin oleh moderator yaitu Muhamad Faathir Amri selaku mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta angkatan 2021. Sesi talkshow dan tanya jawab bersama para Narasumber membahas mengenai implementasi Fire Safety Management dan hambataannya di kehidupan masyarakat. Peserta terlihat antusias dan terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab. Kemudian, dilanjut dengan pembacaan kesimpulan oleh moderator, pemberian plakat kepada para narasumber, dan sesi foto bersama yang dipandu oleh MC. Acara selanjutnya adalah mobilisasi peserta menuju ke lapangan depan hiperbarik UPN “Veteran” Jakarta untuk melaksanakan praktik pemadaman kebakaran. Pelaksanaan praktik pemadaman kebakaran menggunakan karung goni dan APAR berlangsung selama 30 menit dan dipimpin oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok. Terlihat antusias para peserta dengan ikut berpartisipasi dalam praktik pemadaman kebakaran. Terakhir, kegiatan dilanjut dengan penutupan oleh MC dan pengisian post-test serta evaluasi untuk mengetahui pengetahuan peserta setelah pemaparan materi serta sebagai syarat untuk mendapatkan e-certificate. (LZK)

WhatsApp_Image_2024-04-01_at_10.58.13.jpeg

Informasi