• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pelaksanaan Uji Kompetensi (UKOM) Metode OSCE (Objective Structured Clinical Examination) Standar Nasional Tahun 2023 bagi Mahasiswa Ners UPNVJ

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 29 Agustus 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 955

FIKES UPNVJ - Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan Uji Kompetensi (UKOM) Metode OSCE (Objective Structured Clinical Examination) standar nasional pada Sabtu-Minggu, 12-13 & 19-20 Agustus 2023 di Laboratorium Gedung Cipto Mangunkusumo, Pondok Labu UPN "Veteran" Jakarta yang diikuti oleh mahasiswa ners sebanyak 81 mahasiswa.

WhatsApp_Image_2023-08-29_at_08.10.51.jpeg

Kegiatan OSCE ini terlaksana untuk pertama kalinya dengan mengikuti ketentuan OSCE standar nasional. Selain penguji internal, pelaksanaan OSCE ini juga diuji dari penguji yang berasal dari AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia). Pelaksanaan OSCE dilakukan untuk menilai kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk rotasi station dengan alokasi waktu 15 menit. Pelaksanaan OSCE Ners ini terdapat 9 station yang harus dilewati mahasiswa untuk menilai 6 kompetensi yang telah ditetapkan pada masing-masing soal yang disajikan. Keenam kompetensi yang diuji antara lain komunikasi, edukasi dan konseling, pengkajian keperawatan, diagnosa dan perencanaan keperawatan, implementasi keperawatan, evaluasi keperawatan, dan perilaku profesional yang dinilai berdasarkan rubrik yang telah disusun.

WhatsApp_Image_2023-08-29_at_08.11.31.jpeg

Kegiatan ini menjadi tahap awal yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Ners UPN “Veteran” Jakarta untuk memenuhi kompetensi perawat profesional dan menciptakan sistem uji yang objektif dan terstandar secara nasional.

Informasi