• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kesehatan Matra Program Studi Keperawatan Program Sarjana Tahun 2023

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 15 Mei 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 588

FIKES UPNVJ - Sabtu, 13 Mei 2023 telah dilaksanakan kegiatan Webinar Kesehatan Matra secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa program studi keperawatan program sarjana angkatan 2019 dengan mengusung tema “Bela Negara dalam Tindakan: Kesiapsiagaan, Pengurangan Risiko Bencana (PRB) oleh Berbagai Lintas Sektor untuk Mencapai Keberlanjutan Pembangunan Kesehatan di Indonesia”. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari beberapa instansi perguruan tinggi bidang kesehatan dan rumah sakit di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat dari berbagai sektor untuk dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan menurunkan risiko bencana di Indonesia sebagai bentuk bela negara.

WhatsApp_Image_2023-05-15_at_09.08.20.jpeg

Rangkaian kegiatan diawali dengan pengisian pre-test oleh peserta dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Nabila Nasya selaku Master of Ceremony (MC) kegiatan kali ini. Pemberian sambutan disampaikan oleh Winda Narilia Esnawanti selaku ketua pelaksana dan Ns. Wiwin Winarti, M.Epid., MN selaku Ketua Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. Selanjutnya Ns. Rycco Darmareja, S.Kep., M.Kep selaku moderator sekaligus koordinator mata kuliah Kesehatan Matra Jurusan Keperawatan memandu sesi pemaparan materi dan diskusi dari narasumber.

WhatsApp_Image_2023-05-15_at_09.08.58.jpeg

Pemaparan materi dan diskusi pada kegiatan webinar ini dibagi menjadi empat sesi. Sesi pertama dipaparkan oleh Ibu Desak Nyoman Sithi, SKp., MARS., PhD terkait peran, tantangan, dan strategi dalam meningkatkan pengurangan risiko bencana pada bidang matra darat. Materi sesi kedua dipaparkan oleh Mayor Laut (K) Ns. Ronny Basirun Simatupang, S.Kep., M.Si (Han) terkait peran, tantangan, dan strategi tenaga kesehatan dalam mitigasi dan evakuasi korban bencana pada bidang matra laut. Selanjutnya drg. Leny Juniarta, M.Kes dari Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga turut membagikan materi mengenai manajemen kesehatan matra udara dalam pengurangan risiko bencana dan penanggulangan korban bencana. Terakhir, Siti Luthfiana Hasena selaku Mahasiswa Keperawatan Program Sarjana membagikan pandangannya terkait kontribusi mahasiswa sebagai agent of change dalam Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di era 4.0.

WhatsApp_Image_2023-05-15_at_09.09.13.jpeg

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusiasme dari peserta, dimana peserta yang terlibat sangat aktif dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan kepada narasumber. Selanjutnya untuk menghilangkan kejenuhan peserta dalam mengikuti webinar, diadakan games tebak kata yang dipandu oleh Nevin Zhasmin Miszka. Pemutaran video simulasi tanggap bencana juga dilakukan untuk memberikan gambaran kepada peserta mengenai alur yang dilakukan saat terjadi bencana gempa bumi. Kegiatan webinar diakhiri dengan pengisian evaluasi dan post-test oleh peserta. Peserta yang mengikuti webinar membagikan tanggapan bahwa webinar yang diselenggarakan ini dapat menambahkan informasi dan insight baru yang menarik mengenai Kesehatan Matra. Harapan dari peserta yaitu agar kegiatan-kegiatan webinar serupa dapat terus diadakan di kemudian hari. Peserta yang mengikuti rangkaian webinar hingga akhir acara mendapatkan sertifikat dengan 2 SKP PPNI.

WhatsApp_Image_2023-05-15_at_09.08.01.jpeg

Informasi