• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Partisipasi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPNVJ dalam Musyawarah Nasional ke-VIII AIPTKMI

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 06 Desember 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 179

FIKES UPNVJ - Pada Selasa—Rabu, 22—23 November 2022, diselenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-VIII Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Riau. Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta hadir dalam kesempatan tersebut yang diwakili oleh Bapak Arga Buntara, SKM, MPH; Ibu Dr. Apriningsih, MKM; dan Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd., MKM. Munas AIPTKMI tersebut dihadiri oleh 190 peserta yang berasal dari 105 institusi pendidikan tinggi kesehatan masyarakat di Indonesia. Terdapat lima institusi yang menjadi tuan rumah bersama, antara lain Universitas Hang Tuah Pekanbaru, STIKES Payung Negeri, STIKES Al-Insyirah Pekanbaru, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, dan STIKES Tengku Maharatu. Agenda utama dan terbesar dari Munas ini adalah pemilihan Ketua dan Dewa Pengawas AIPTKMI baru periode 2022—2025.

WhatsApp_Image_2022-12-06_at_14.38.14.jpeg

Pada hari pertama sebelum agenda utama, tiga panel sessions diselenggarakan dengan topik berbeda. Dalam panel session pertama, topik pembahasan adalah Transformasi Sumber Daya Manusia Kesehatan Masyarakat, Teknologi Kesehatan, dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Eksistensi Jati Diri Kesehatan Masyarakat (MIRACLE) dan Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat dalam Menghadapi Tantangan Transformasi Kesehatan menjadi topik yang diperbincangkan dalam panel session ketiga. Dalam panel session terakhir, dibahas Implementasi Kurikulum Kesehatan Masyarakat. Di akhir ketiga panel sessions, diadakan sesi tanya-jawab antara peserta dan pemateri.

WhatsApp_Image_2022-12-06_at_14.38.05.jpeg

Setelah panel sessions, Pimpinan Sidang Munas AIPTKMI melakukan pembahasan tata tertib yang diikuti oleh seluruh delegasi institusi pendidikan tinggi kesehatan masyarakat yang hadir. Berikutnya, Ibu dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., PhD memaparkan laporan pertanggungjawaban beliau sebagai Ketua AIPTKMI Periode 2019—2022. Sidang Munas memutuskan untuk menerima laporan pertanggungjawaban beliau.

WhatsApp_Image_2022-12-06_at_14.38.26.jpeg

Setelah istirahat Maghrib, Sidang Munas AIPTKMI dilanjutkan dengan pencalonan Ketua AIPTKMI Periode 2022—2025. Semua lima perwakilan pengurus regional AIPTKMI mengajukan calon, antara lain Bapak Prof. Asnawi Abdullah, BSc.PH, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, PhD. dan Bapak Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., M.Sc.PH., PhD. Berdasarkan musyawarah mufakat, Prof. Asnawi Abdullah terpilih sebagai Ketua AIPTKMI Periode 2022—2025. Lalu, Prof. Sukri Palutturi dan Prof. Ida Yustina, M.Si. terpilih untuk mendampingi Ibu dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., PhD sebagai Dewan Pengawas AIPTKMI Periode 2022—2025.

WhatsApp_Image_2022-12-06_at_14.37.53.jpeg

Pada hari kedua, dilaksanakan Sidang Komisi Munas AIPTKMI. Seluruh delegasi dibagi ke dalam tiga komisi berbeda, antara lain Komisi Organisasi, Komisi Program Kerja, dan Komisi Penjaminan Mutu. Seluruh komisi ditugaskan untuk merumuskan rekomendasi yang akan diberikan kepada kepengurusan AIPTKMI selanjutnya. Perwakilan Prodi Kesmas UPNVJ, yakni Bapak Arga Buntara, SKM, MPH, dipercaya untuk berperan sebagai Ketua Sidang Komisi Penjaminan Mutu Munas AIPTKMI. Setelah Sidang Komisi Munas AIPTKMI selesai, masing-masing ketua sidang komisi mempresentasikan rekomendasi sesuai kesepakatan. Kegiatan Munas ke-VIII AIPTKMI diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada anggota baru dan partisipasi pada the 1st Indonesia Public Health Olympiad serta kata penutup dari Ketua AIPTKMI Periode 2022-2025. (AB)

Informasi