• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional KSM Batavia 2022 "Growth a Good Mental Health After Disaster"

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 28 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 142

FIKES UPNVJ - Webinar Nasional KSM Batavia 2022 merupakan salah satu program kerja dari KSM Batavia dengan tujuan sebagai sarana dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan peran masyarakat serta mahasiswa/i, khususnya volunteer KSM BATAVIA dalam menangani situasi pascabencana, serta cara mempertahankan dan meningkatkan kondisi kesehatan fisik dan mental korban bencana. Webinar Nasional dilaksanakan pada Sabtu, 24 September 2022 pukul 08.00 WIB secara daring menggunakan platform Zoom Meeting dengan mengusung tema "Growth a Good Mental Health After Disaster". Acara ini dihadiri oleh 164 peserta yang terlihat antusias mengikuti Webinar Nasional KSM Batavia kali ini. Acara ini berlangsung selama 4 jam dan dimulai dengan registrasi, pembukaan acara oleh MC, pembacaan rundown acara dan tata tertib, pengisisan pretest dan sesi foto bersama. Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, serta sambutan-sambutan yang diberikan oleh ketua pelaksana Kelas Batavia, Ketua KSM Batavia periode 2022/2023, Pembina KSM Batavia dan wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama fakultas ilmu kesehatan. Setelah itu menampilkan video profil Fikes.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_11.17.22.jpeg

Kemudian, acara memasuki bagian inti yang dimulai dengan pemaparan materi oleh pembicara 1, yaitu Prof. Dr. Nurul Hartini, S.Psi., M.Kes., Psikolog dengan materi mengenai Phychological First Aid (Penanganan pertama psikologi pasca bencana) disertai dengan sesi tanya jawab dan penyerahan plakat kepada pembicara.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_11.17.53.jpeg

Sebelum melanjutkan ke sesi pemaparan materi oleh pembicara 2, acara memasuki sesi ice breaking yang dipandu oleh MC. Selanjutnya, acara memasuki sesi pemaparan materi oleh pembicara 2, yaitu Ns. Eni Nuraini Agustini, SKep, MSc, PhD dengan materi mengenai Trauma healing (proses penyembuhan) dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta penyerahan plakat kepada pembicara. Setelah adanya pemaparan materi dari pembicara 1 dan 2, acara memasuki sesi penyerahan hadiah BATION (Batavia Competition). Setelah itu, acara memasuki penutupan yang ditutup oleh MC kemudian pengisisan post test  oleh peserta.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_11.20.08.jpeg

Informasi