• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Audiensi Kaprodi Dengan Alumni Program Studi Gizi Program Sarjana

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 17 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 282

FIKES UPNVJ - Telah diadakan kegiatan Audiensi dengan alumni S1 Gizi dari semua angkatan, pada hari ini 17 Juni 2022 yang dihadiri oleh 78 orang dan dipimpin oleh Kepala Program Studi S1 Gizi Program Sarjana, Dr. Nur Intania Sofianita, MKM. Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi serta mendiskusikan mengenai pengembangan dalam proses pembelajaran baik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan praktik dan praktikum/PKL/magang dibidang gizi masyarakat, gizi klinis, manajemen penyelenggaraan makanan/industri, wirausaha mandiri dan bidang lainnya.

WhatsApp_Image_2022-06-17_at_16.28.26.jpeg

Acara ini juga sebagai evaluasi program studi untuk melengkapi mekanisme pembelajaran agar dapat meningkatkan kompetensi lulusan, kerjasama dengan alumni sekaligus saran untuk melengkapi kurikulum OBE yang akan disempurnakan Program Studi Gizi Program Sarjana. Kaprodi Gizi menghimbau agar alumni dapat:

  • Menjaga kualitas lulusan dan nama baik program studi dengan bekerja keras, jujur, menjaga sikap, profesional, bertanggung jawab.
  • Menjalin silaturahmi saling bahu membahu membantu sesama alumni program studi S1 Gizi
  • Kebersamaan dibangun kembali agar masyarakat mengetahui kiprah baik alumni/lulusan Program Studi Gizi
  • Kreatif dan inovatif ditempat bekerja
  • Membantu program studi untuk memberikan saran/pendapat untuk peningkatan kualitas lulusan, baik secara kompetensi pengetahuan dan skill serta memperkuat dengan program kerjasama dalam tridharma perguruan tinggi untuk mempertahankan akreditasi Unggul.

WhatsApp_Image_2022-06-17_at_16.28.38.jpeg

Tidak lupa Kaprodi juga menginformasi terkait, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran program studi Gizi pada alumni. Selama kurang lebih 60 menit berlangsung diskusi seru dan luar biasa dari alumni dengan menceritakan pengalaman mereka selama bekerja dibidang gizi baik di puskesmas, rumah sakit, dan industri susu dan makanan. Beberapa saran dari Alumni untuk peningkatan lulusan dari program studi Gizi Program Sarjana antara lain;  dapat menambah pembelajaran terkait dietetik dan asuhan gizi pasien, penanggulangan stunting, pelacakan gizi buruk, Tablet Tambah Darah Rematri,  Penyuluhan di posyandu, edukasi gizi dimasyarakat komunikasi yang disesuaikan dengan kondisi psikologis klien/pasien, mata kuliah konseling gizi dirubah ke metode OSCE agar lulusan lebih siap ketika bertemu pasien, pembelajaran pembuatan media elektronik/audio visual,  lebih ditekankan kembali untuk pembuatan inovasi dibidang makanan dengan kearifan lokal pada kondisi terbatas (karena setiap daerah punya permasalahan gizi utamanya berbeda), contohnya di masyarakat daerah pedalaman dan terpencil masih minim sekali info Kesehatan terutama gizi, dan saran terakhir agar prodi gizi fikes UPNVJ dapat segera membuka program studi Dietician, agar alumni dapat melanjutkan studi dan dapat memberikan asuhan gizi terbaik di tempat kerja.

Harapan Tim Program Studi Gizi Program Sarjana. Alumni Gizi sukses dimanapun berada, dapat tetap menjalin silaturahmi, bekerjasama dan bermanfaat bagi masyarakat dan negara.  (NIS)

Informasi