• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

SUCA AND SCHOLARSHIP INFO 1 “Explore Your Talents and Achieve Your Goals with SUCA”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 27 April 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 512

FIKES UPNVJ - BEM FIKES UPNVJ menggelar acara webinar beasiswa dan perlombaan dengan tema “Explore Your Talents and Achieve Your Goals with SUCA” pada Sabtu, 23 April 2022. Acara dilaksanakan secara daring melalui platfrom Zoom Meeting dan dihadiri oleh 101 peserta yang terdiri dari Dekanat, delegasi ormawa, dan peserta SUCA And Scholarship Info 1 yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Kesehatan  UPN Veteran Jakarta serta 12 Panitia dari BEM FIKES UPN Veteran Jakarta. Acara dibuka oleh pembawa acara yaitu Tirza Grenluisa, Mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta.

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_12.06.34.jpeg

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.05 WIB. Kegiatan webinar ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana Juniar Nurmaya dilanjut dengan sambutan oleh ketua BEM FIKES UPNVJ Junianto Patra kemudian dilanjut sambutan oleh Dekan FIKES UPNVJ Dr. drg. Wahyu Sulistiyadi, MARS. Dalam sambutannya, Dr. drg. Wahyu Sulistiyadi mengatakan bahwa acara SUCA and Scholarship Info 1 dapat memberi motivasi kepada KEMA FIKES untuk terus berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik terutama pada kegiatan lomba.

Webinar yang diadakan oleh BEM FIKES UPNVJ ini menghadirkan dua pembicara yaitu Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc., AIFO selaku Dosen Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan Kinanti Amelia selaku mahasiswa aktif program studi S1 Gizi UPNVJ dengan  moderator Yusnita Rachmawati selaku Mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana. Acara ini juga menghadirkan 6 tutor dari Coaching Clinic yang dimana peserta akan bergabung di breakout room zoom dan berlatih tentang minat di perlombaan yang diinginkan seperti essay, poster dan debat.

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_12.06.25.jpeg

Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc., AIFO sebagai pembicara  pertama merupakan penerima MSc Health Studies Programme, School of Sport, Exercise, and Rehabilitation Science, University of Birmingham, UK dan merupakan awardee of Indonesian Endowment Fund for Education Scholarship (LPDP) tahun 2014 membawakan tema “Bagaimana menentukan beasiswa yang memiliki jangka panjang dan memiliki kualitas unggul”. Farahdina juga membahas tentang skills apa saja yang harus dimiliki untuk meraih beasiswa, salah satunya adalah academic excellence, dimana IP atau Indeks Prestasi saat kita menempuh pendidikan di perguruan tinggi juga sangat berpengaruh dalam skill ini. Beliau juga mengatakan bahwa mampu berbahasa Inggris juga dapat digunakan untuk meraih beasiswa terutama beasiswa luar negeri.

Pada sesi pemaparan pembicara 2 oleh Kinanti Amelia selaku exchange student in college of nutrition with International Credit Transfer (ICT) scholarship by Indonesian Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (KEMENRISTEKDIKTI) pada Agustus 2021 hingga Januari 2022 membawakan tema “ Sharing terkait lomba atau international exposure dan Program Beasiswa dari UPN Veteran Jakarta ”. Pada pemaparannya, Kinanti mengatakan bahwa “Hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar beasiswa atau pertukaran pelajar ke luar negeri selain mampu berbahasa asing, mental juga sangat dibutuhkan dalam mempersiapkan pendaftaran beasiswa. Karena di dalamnya kita akan menemui banyak orang yang sama sekali kita belum tau sifat dan latar belakangnya. Maka dari itu, persiapkan mental juga agar kita bisa semakin siap bertemu dan explore dunia lebih jauh lagi”.

WhatsApp_Image_2022-04-27_at_12.06.10.jpeg

Setelah selesai pemaparan materi tentang beasiswa, dilanjut sesi tanya jawab. Selanjutnya, para peserta diarahkan untuk memasuki breakout room sesuai dengan minat lomba yang dipilih. Terdapat 3 breakout room (essai, debat dan poster) yang masing masing room diisi oleh 2 tutor coaching clinic.  Kegiatan dalam breakout room dibuka oleh moderator, dilanjut pemaparan materi oleh para  coaching clinic, setelah pemaparan materi selesai terdapat sesi tanya jawab. Seluruh rangkaian kegiatan yang terdapat di dalam breakout room berlangsung selama 50 menit.

Sebelum kegiatan berakhir, panitia menampilkan beberapa informasi berupa poster terkait beasiswa dan lomba yang dapat peserta ikuti. Kegiatan webinar beasiswa dan perlombaan “Explore Your Talents and Reach Your Goals With Suca” selesai pukul 12.05 WIB. Acara serupa akan diadakan kembali pada bulan September 2022 bersamaan dengan salah satu program kerja BEM FIKES yaitu FOHS cup.

Sampai jumpa di SUCA and Scholarship Info 2 2022👋

Informasi