• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Education And Soft Skill VOL.4 “Emotional Intelligence: Manage Your Emotions with Intelligence”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 14 Maret 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 571

FIKES UPNVJ – Telah terselenggara kegiatan rangkaian acara Education and Soft Skill Vol.4 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta pada hari Minggu, 13 Maret 2022 yang dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting dengan tema “Emotional Intelligence: Manage Your Emotions with Intelligence. Kegiatan Education and Soft Skill merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Akademik Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga yang bertujuan untuk mendukung peningkatan akreditasi Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga. Kegiatan ini memberikan wadah dalam bentuk kelas khusus mengenai minat dan bakat dengan menghadirkan narasumber-narasumber untuk mengasah mahasiswa/i untuk berpikir kreatif dan menciptakan ide-ide baru, serta dapat mencari alternatif dalam memecahkan masalah yang berbeda-beda.

WhatsApp_Image_2022-03-14_at_10.50.16.jpeg

Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 14.20 WIB. Kegiatan acara ini telah dihadiri oleh lebih dari 140 mahasiswa/i Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dengan menghadirkan narasumber - narasumber yang luar biasa serta memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas, yaitu Ibu Rena Mailani, S.FT, M. Biomed, AIFO selaku Dosen Program Studi Fisioterapi UPN Veteran Jakarta dan Nikodemus O Budiman, S.Psi selaku Research Assistant - Research Collaboration yang dipimpin oleh Arizona State University.

Kegiatan ini dipandu oleh Rachel Putri selaku PEMBAWA ACARA yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2021. Kemudian kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh pembawa acara, sambutan ketua Pelaksana Education and Softskill Vol.4, sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga, kemudian sambutan sekaligus membuka acara oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang mana dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, kemudian acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama, dan pemaparan materi oleh narasumber disertai sesi tanya jawab.

WhatsApp_Image_2022-03-14_at_10.49.13.jpeg

Pada pemaparan materi sesi 1 dimoderatori oleh Andy Sirada SST.FT.,M.FIS Pemaparan materi disampaikan oleh Rena Mailani, S.FT, M. Biomed, AIFO yang membahas mengenai “Mengenal Fisioterapi” lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beliau menyampaikan bahwa fisioterapi merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis, dan mekanis), peralatan fungsi, dan komunikasi. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan prospektif kerja seorang Fisioterapis yaitu dapat bekerja di puskesmas, rumah sakit umum dan khusus serta dapat juga melakukan praktik mandiri. Beliau juga menyampaikan, bahwa proses pelayanan perlu dilakukan penekanan pada proses komunikasi dan edukasi.

HIMFIS.jpg

Dilanjutkan pemaparan materi sesi 2 dimoderatori oleh Bapak Andy Sirada SST.FT.,M.FIS. Pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Nikodemus O. Budiman, S.Psi membahas mengenai “Mastering Your Emotion: Does EQ Matters”. Setelah memaparkan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beliau menyampaikan bahwa emotional intelligence adalah mengukur kemampuan emosional (mengidentifikasi emosi diri dan orang lain) serta bagaimana kita mengembangkan emotional intelligence yang dimana bisa melakukan self awareness, regulasi diri, memiliki kemampuan bersosialisasi dan mempunyai kemampuan berempati. Beliau juga menyampaikan self awareness disarankan untuk kita mengeksplorasi hal-hal baru, kemampuan meregulasi diri juga diperlukan untuk mengendalikan emosi, serta emosi yang ada tidak boleh ditahan, tetapi perlu untuk dikendalikan.

WhatsApp_Image_2022-03-14_at_10.55.28.jpeg

Setelah pemaparan materi oleh pembicara kedua yang juga menjadi pembicara terakhir pada kegiatan ini, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan pemenang doorprize, serta diakhiri dengan penutupan oleh pembawa acara.

Manfaat dari Kegiatan Education and Soft Skill Vol.4 ialah untuk mendapatkan pembekalan materi mengenai “Emotional Intelligence: Manage Your Emotions with Intelligence”. Selain itu, peserta seminar juga mendapatkan pengalaman serta menambah relasi dari berbagai jurusan maupun universitas. Akhir dari kegiatan Education and Soft Skill Vol.4 ini akan dipublikasikan di sosial media Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.

Informasi