• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PROSPEKTIF 2021 : Wawasan Nusantara Bagi Milenial

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 27 Pebruari 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1040

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu 26 Februari 2022 UPN Veteran Jakarta telah melaksanakan kegiatan PROSPEKTIF 2021 yang bertemakan Wawasan Nusantara Bagi Milenial. Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta merupakan salah satu tim pelaksanaan Kegiatan PROSPEKTIF 2021. Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa Angkatan 2021 UPN Veteran Jakarta yang terdiri dari 7 Fakultas.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia dan MARS Bela Negara dan dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MAR Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. 

Prospektiv.jpg

Kemudian Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber yaitu Dr. Ade Supandi, SE, MAP dengan tema Wawasan Nusantara Bagi Milenial isi dari kesimpulan tema adalah :

Di Indonesia, terdapat beberapa perubahan global yang terjadi. Dengan adanya pandemic COVID-19 yang sangat menyulitkan, namun dengan canggihnya teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi yang saling berkesinambungan dapat memudahkan melakukan kegiatan sehari-hari di tengah pandemi seperti ini. Dari perubahan global yang terjadi ini dapat menghilangkan batas dan mengubah masyarakat secara dinamis.

WhatsApp_Image_2022-02-27_at_19.37.07.jpeg

Kondisi yang dihadapi generasi muda abad 21

Teknologi komunikasi dan informasi saat ini mendominasi era industry 4.0 menuju era society 5.0. generasi muda akan mengalami perubahan perang konvensional menjadi perang modern, menggunakan teknologi, media massa, cyber war, pola peperangan asimetrik, serta hybrid. Perang tersebut tentunya akan mengubah pola pikir, perang pengaruh melalui ideologi, politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan tanpa disadari. Tantangan millenial yang lain adalah gempuran dan pola serangan pintar melalui f-7, tantangan identitas generasi bangsa seperti food, fuel, fashion, film, fantasy, filosofi, finansial. 

Implementasi wawasan nusantara yang dapat dilakukan oleh generasi muda adalah dengan penanaman nilai-nilai bela negara, hal ini dapat dilakukan oleh warga bangsa Indonesia sejak dini. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dan Indonesia menuju poros maritim Dunia. Tantangan pembangunan maritim di Indonesia adalah adanya ancaman bencana pangan global, perubahan iklim global, wilayah negara Indonesia yang rawan bencana, kemiskinan pesisir, serta maraknya illegal kegiatan di laut.

Generasi muda saat ini ditantang untuk mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia, dengan menciptakan teknologi kelautan, membudayakan semangat bahari, serta menjaga lingkungan hulu untuk keseimbangan ekosistem pesisir dan lautan. Kita sebagai generasi muda wajib bela negara. Karena bela negara sebagai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

WhatsApp_Image_2022-02-27_at_19.15.38.jpeg

Informasi