• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional Epidemiologi-Biostatistik Tahun 2021 "The Role of Epidemiology in Improving Healthcare, Managing Pandemic, and Saving Lives"

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Desember 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 124

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 28 November 2021, telah dilaksanakan Seminar Nasional Epidemiologi UPNVJ 2021 sebagai pemenuhan mata kuliah Seminar Profesi pada peminatan Epidemiologi-Biostatistika Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana melalui platform Zoom Meeting pukul 08.00 – 12.25 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Peserta seminar sebanyak 135 orang.

Epide.jpg

Tema yang diambil pada Seminar Nasional Epidemiologi UPNVJ 2021 kali ini adalah The Role of Epidemiology in Improving Healthcare, Managing Pandemic, and Saving Lives. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan peran dari epidemiologi dalam meningkatkan layanan kesehatan, mengelola pandemi, dan menjaga hidup sehat. Pelaksanaan seminar dipandu oleh MC yaitu Sartika Aliffia.

Epide2.jpg

Keynote Speaker pada hari ini adalah dr. Endang Wulandari, M.Epid yang membawakan pidato singkat mengenai Peran Epidemiologi dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat dan Epidemiologi dalam Mendukung Fungsi Esensial Kesehatan Masyarakat.Pembicara pertama pada hari ini ialah dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid  (Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI) yang membawakan topik Pentingnya Epidemiologi dalam Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat.

Epide1.jpg

Pembicara kedua Ibu Dewi Nur Aisyah, SKM, MSc, DIC, PhD (Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan COVID-19) yang membawakan topik Peran Epidemiologi dalam Penanganan Pandemi.Selama pemaparan materi berlangsung, dilakukan sesi tanya jawab. Pertanyaan yang diberikan adalah seputar aplikasi peran epidemiologi dan kebijakan berdasarkan hasil epidemiologi.

Epide3.jpg

Setelah sesi tanya jawab diisi dengan ice breaking sebagai relaksasi peserta, yaitu messed-up word. Untuk peserta yang beruntung dalam ice breaking mendapatkan hadiah dari panitia.Output dari seminar nasional ini ialah dengan mengerjakan pretest dan posttest yang dikerjakan oleh para peserta. Setelah seminar berakhir, dilanjutkan dengan sesi penutup oleh MC.

Harapannya Seminar pada hari ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan peran epidemiologi dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan peran epidemiologi dalam meningkatkan layanan kesehatan, mengelola pandemi, dan menjaga hidup sehat.

Informasi