• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional Administrasi Kebijakan Kesehatan Tahun 2021

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 10 Desember 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 274

FIKES UPNVJ - Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana angkatan 2018 dengan peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan – Promosi Kesehatan (AKK-Promkes) kembali menghadirkan kegiatan Seminar Nasional Administrasi Kebijakan Kesehatan sebagai pemenuhan tugas akhir salah satu mata kuliah semester 7 yaitu Seminar Profesi. Kegiatan Seminar Nasional Administrasi Kebijakan Kesehatan tahun ini bertemakan “Society 5.0: Inovasi Teknologi Kesehatan Masyarakat Sebagai Perwujudan Pembangunan Kesehatan di Indonesia” merupakan puncak dari beberapa rangkaian acara lainnya seperti Poster & Video Competition dan kegiatan Charity.

Akk.jpg

Rangkain acara pertama yang dilakukan adalah Poster & Video Competition. Pendaftaran lomba dilakukan pada tanggal  5 – 16 Oktober 2021. Kemudian dilakukan presentasi oral pada lomba poster yang dilaksanakan pada hari Jumat, 12 November 2021 pukul 09.00 – 11.20 WIB yang dihadiri oleh empat besar peserta lomba poster, juri, dan penonton presentasi oral.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu Seminar Nasional Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) UPNVJ 2021 yang merupakan acara puncak dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 November 2021 pukul 08.00 – 13.00 WIB menggunakan platform Zoom Meeting yang dihadiri oleh 254 peserta. Seminar yang bertemakan “Society 5.0: Inovasi Teknologi Kesehatan Masyarakat Sebagai Perwujudan Pembangunan Kesehatan di Indonesia” menghadiri pembicara yang sungguh luar biasa.

AKK1.jpg

Adapun Keynote Speaker pada acara ini adalah Bapak dr. Anas Ma’ruf, MKM selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, yang membawakan materi tentang Society 5.0 dalam kesehatan. Kemudian pada sesi seminar Pembicara 1 adalah Ibu drg. Kartini Rustandi, M.Kes selaku Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI, yang membawakan materi tentang Urgensi dan Kompetensi Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Pengembangan Teknologi Kesehatan. Dilanjut oleh Pembicara 2 yaitu Bapak Dr. A. Heri Iswanto, S.KM., MARS selaku DPP IAKMI Bidang Teknologi Kesehatan, yang membawakan materi tentang Penerapan dan Penggunaan Society 5.0 dalam Pelayanan Kesehatan. Kegiatan Seminar Nasional dipandu oleh MC yaitu Hanifah Maulani yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2018.

Selanjutnya pada sesi talkshow terdapat Pembicara 3 dan 4 yang dipandu oleh Moderator yaitu Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd, M.K.M selaku Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta. Pembicara 3 yaitu oleh Bapak Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG-KFER., MPH selaku Wakil Direktur IMERI FK UI, yang membawakan materi tentang Transformasi Perkembangan Digitalisasi Kesehatan di Masyarakat. Dilanjut dengan Pembicara 4 oleh Bapak dr. Irwan Heriyanto, MARS selaku Head of Medical Halodoc, yang membawakan materi tentang Inovasi Digitalisasi Kesehatan dalam Upaya Kesehatan Masyarakat.

Setelah dilakukan sesi seminar dan sesi talkshow selesai, diakhir dengan pengumuman para pemenang Poster & Video Competition. Pemenang lomba poster juara 1 oleh Adventhius Immanuel, juara 2 oleh Rensi Hepi Farenta, dan juara 3 oleh perwakilan kelompok dari Anwaresa Putra Abdi. Selanjutnya pemenang lomba video juara 1 oleh perwakilan kelompok Vina Nur Azizah, juara 2 oleh perwakilan kelompok Ida Bagus Putu Yordan, dan terakhir.

Akk2.jpg

Rangkaian acara terakhir yaitu kegiatan Charity. Charity atau kegiatan penyaluran dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Desember 2021 pukul 13.00 – 15.00 WIB yang dihadiri oleh perwakilan panitia berjumlah sebelas orang. Donasi berupa sembako dan alat kebersihan. Penyaluran Charity ditujukan ke dua tempat yaitu Panti Asuhan Al-Ikhwaniyah yang berada di Kota Depok, dan Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Muhajiirn yang terletak di Kota Tangerang Selatan. 

Informasi