• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Penyusunan Peta Jalan Integrasi Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Pembukaan Prodi Baru S2 Kesehatan Masyarakat

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 03 Desember 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 129

FIKES UPNVJ - Pada hari rabu – kamis , 1 – 2 Desember 2021 Fakultas ilmu kesehatan UPN Veteran Jakarta telah dilaksanakan kegiatan fullday meeting dengan tema “Penyusunan peta jalan  integrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, workshop pembukaan program studi baru S2 kesehatan masyarakat, dan standarisasi dokumen integritas interproffesional education dan interproffesional collaboration” bertempat di Hotel Cosmo Amaroossa Jakarta.

Fullday1.jpg

Dalam kesempatan ini Rektor UPNVJ berkesempatan hadir dan memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa “kita harus membuka diri kepada media agar informasi dapat tersampaikan dengan benar, serta dalam setiap melaksanakan pekerjaan harus sesuai dengan SOP yang berlaku sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dapat dipertanggungjawabkan. Terkait dengan kegiatan hari ini, kegiatan ini merupakan tindak lanjut rencana kolaborasi antara FIKES dengan Fakultas Kedokteran UPNVJ yang berkaitan erat agar saling bahu membahu dalam komuniaksi secara formal dalam hal penyusunan kurikulum dll. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadikan draff untuk dikomunikasikan lebih lanjut dengan pihak FK sehingga luaran kegiatan ini dapat tercapai yaitu  interproffesional education dan interproffesional collaboration”.

Agenda pertama dalam kegiatan ini yaitu pemaparan materi oleh Diantha Soemantri MD, MmedEd.,PhD (Associate Professor in Medical Education Departement of Medical Education Faculty of Medicine Universitas Indonesia dengan tema ‘’ Integritas Interproffesional Education Dan Interproffesional Collaboration (IPE dan IPC) ” . Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa IPE dan IPC bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki sifat dan sikap seperti dapat bekerja sama secara efektif, bertanggung Jawab, refleksi kritis, mengenali kebutuhan pasien, berpikir praktis etis yang berpusat pada pelayanan kesehatan sehingga mendapat gambaran secara menyeluruh dalam setiap kasus dan peran yang dihadapi.

Fullday.jpg

Agenda kedua yaitu pemaparan materi oleh Dr. sc.agr. Ir. Didik Sulistyanto dari Fakultas Pertanian Universitas Jember dengan tema “Strategi Penyusunan Road Maps Penelitian”. Dalam paparannya beliau menjelaskan pentingnya penyusunan Roadmap penelitian yaitu agar dapat memberikan respon terhadap perubahan lanscape riset serta dapat menentukan strategi dan prioritas dalam penelitian sehingga dapat mencapai target dan selesai sesuai dengan timeline yang telah ditentukan. Pemateri menyarankan bahwa roadmap disusun dengan model fishbone sehingga goals dapat tercapai dan terlihat serta dapat memperlihatkan  ciri khas Bela Negara dari UPNVJ. Selain itu juga disarankan agar melakukan penelitian dibidang penyelesaian masalah kesehatan yang sedang tranding.

Agenda ketiga yaitu pemaparan oleh Dr. Budi Hartono, Ssi.,MKM selaku Kaprodi S2 IKM FKM UI dan perwakilan AIPTKMI, memberikan materi dengan tema : “Workshop pembukaan program studi baru S2 kesehatan masyarakat”. Dalam paparannya beliau menjelaskan beberapa komponen yang perlu dipersiapkan untuk pembukaan prodi S2 Kesmas seperti Sumber Daya Manusia, Kurikulum yang digunakan, mata kuliah yang akan diberikan, pilihan peminatan serta persiapan dokumen lainnya. Pembukan prodi S2 Kesehatan Masyarakat ini harus memiliki keunggulan sebagai ciri khasnya”. 

Informasi