• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

WEBINAR NASIONAL K3 UPN VETERAN JAKARTA 2021 “Implementasi Sistem K3 sebagai Strategi Mitigasi dan Penanggulangan Overburden Pekerjaan di Masa Pandemi”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 23 November 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 279

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu 20 November 2021, Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana angkatan 2018 dengan peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja—Kesehatan Lingkungan (K3L) telah melaksanakan Webinar Nasional K3 yang mengusung tema “Implementasi Sistem K3 sebagai Strategi Mitigasi dan Penanggulangan Overburden Pekerjaan di Masa Pandemi”. Kegiatan ini merupakan acara puncak dari beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan untuk pemenuhan mata kuliah semester 7 yaitu Seminar Profesi. Acara dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting dan Live YouTube pukul 08.00—12.30 WIB serta dihadiri oleh kurang lebih 315 partisipan dari berbagai institusi/instansi.

Webinar_K33.jpg

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang implementasi sistem K3 sebagai strategi mitigasi dan penanggulangan overburden pekerjaan di masa pandemi. Selain itu, bertujuan agar peserta dapat mengaplikasikannya guna menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerja di tengah situasi pandemi Covid-19.

Pada kegiatan kali ini melibatkan pembicara berasal dari institusi pemerintah dan praktisi. Kegiatan dipandu oleh Master of Ceremony yaitu Carrisa Sania Andarani yang merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana dan moderator yaitu Ibu Rizki Amalia, SKM., M.H.Sc selaku Dosen Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta.

Webinar_K31.jpg

Keynote speaker dalam kegiatan Webinar Nasional K3 ini adalah Bapak Dr. Agus Triyono, S.Si., M.Kes selaku Kepala Inspektur II, Inspektorat Jendral Kementerian Ketenagakerjaan. Beliau memaparkan materi terkait “Identifikasi dan Bahaya Beban Kerja Berlebih pada Pekerja di Masa Pandemi”.

Webinar_K32.jpg

Pembicara pertama yaitu Ibu Ir. Siti Umi Salamah, M.M.S.I. merupakan Direktur Bina Sistem Pengawasan Ketenagakerjaan, Ditjen Binwasnaker & K3 beliau memaparkan materi dengan judul “Peran Pemerintah Terhadap Pencegahan Beban Kerja Berlebih di Tempat Kerja pada Masa Pandemi”.

Selanjutnya, pada sesi talkshow 1 diisi oleh Bapak Edi Karyono Putro, S.Pd., MBA selaku Manager Loss Prevention and Resource Management, Concentrating Division PT Freeport Indonesia. Beliau memaparkan materi terkait “Sistem K3 sebagai Upaya untuk Meminimalisasi dan Menanggulangi Risiko Beban Kerja Berlebih di Masa Pandemi”.

Sesi talkshow 2 diisi oleh Bapak Iwan Kusmawan, SH selaku Ketua Bidang Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Nasional. Dalam sesi talkshow kedua ini beliau memaparkan materi terkait “Mampukah Sistem K3 Atasi Overburden Pekerjaan? [Perspektif dari Tenaga Kerja Berdasarkan Fakta Lapangan]”.

Webinar_K3.jpg

Dengan dipaparkannya materi oleh keempat pembicara dalam Webinar Nasional K3 tersebut diharapkan masyarakat khususnya mahasiswa dan pekerja dapat lebih memahami strategi mitigasi dan penanggulangan overburden pekerjaan di masa pandemi.

Informasi