• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional Fisioterapi "Physiotherapy Compherensive Approach in Children With Special Needs"

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 25 Oktober 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 256

FIKES UPNVJ – Pada Sabtu, 23 Oktober 2021 telah dilaksanakan rangkaian acara Webinar Nasional Fisioterapi "Physiotherapy Compherensive Approach in Children With Special Needs" yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Kegiatan Webinar Nasional Fisioterapi 2021 merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Akademik yang bertujuan untuk mendukung peningkatan akreditasi Program Studi Fisioterapi Diploma Tiga, Memberikan wadah dalam bentuk kelas khusus mengenai minat dan bakat dengan menghadirkan narasumber, mengasah berpikir kritis mahasiswa, mahasiswa dapat mengambil keputusan dengan baik, mahasiswa dapat memahami sudut pandang orang lain.

Webinar_Fisio.png

Kegiatan berlangsung pada pukul 08.00 WIB hingga 16.05 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, terdapat 3 narasumber yang dihadirkan sebagai pembicara sangatlah luar biasa dan menarik yaitu dr.Yohanes Purwanto,Ftr, S.Psi selaku praktisi fisioterapi anak, Jeri Novaro Sumual SST.Ft, SKM, M.Fis selaku YPAC Jakarta - Jakarta CP center, dan Rena Mailani, S.Ft, M.Biomed selaku Dosen Program Studi Fisioterapi Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta.

Seminar Nasional Fisioterapi ini dihadiri oleh mahasiswa/i dari Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan juga dari luar FIKES. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh MC, sambutan Ketua Pelaksana webinar Wophystric 2021, sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Fisioterapi (HIMFIS), sambutan Kepala Program Studi Diploma Tiga, sambutan wakil bidang akademik Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dilanjutkan dengan foto bersama oleh seluruh panitia dan peserta, pemaparan materi oleh narasumber beserta sesi tanya jawab, di lanjutkan dengan sesi kuis dan pembagian doorprize dan diakhiri dengan penutupan oleh MC.

Webinar_Fisio1.jpg

Pada pemaparan pertama dimoderatori oleh Bunga Anisa Abu Bakar. Pemaparan materi keorganisasian disampaikan oleh Ibu Purnamadyawati, SSt.FT, S.Pd,SKM, M.Fis, yang membahas mengenai “Peran PERFI/IFI dalam Penanganan Long Covid-19 di Indonesia.”Beliau menjelaskan terkait pengertia fisioterapi,jumlah anggota IFI, Pendidikan Fisioterapi,Peran PERFI dan Peran Fisioterapis,3 langkah Organisasi agar profesi tetap relavan bagi masyarakat dll.

Pada acara selanjutnya yaitu Ice Breaking untuk mengistirahatkan otak sejenak sebelum dilanjut ke materi berikutnya Pada pemaparan kedua dimoderatori oleh Bunga Anisa Abu Bakar. Pemaparan materi disampaikan oleh dr.Yohanes Purwanto, Ftr, s.Psi  yang membahas mengenai  penerapan konsep fisioterapi   untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Webinar_Fisio_2.jpg

Pada pemaparan ketiga, dimoderatori oleh Aliah. Pemaparan materi disampaikan oleh Jeri Novaro Sumual SST.FT, SKM, M.Fis yang membahas mengenai deteksi dini dan stimulasi dini gangguan pada anak berkebutuhan khusus. Banyak yang dibahas dimateri kali ini mulai dari pertumbuhan, perkembangan mulai dari ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan bayi normal.

Webinar_Fisio_3.jpg

Pada pemaparan keempat, dimoderatori kembali oleh Aliah. Pemaparan materi disampaikan oleh Rena Mailani, S.Ft, M.Biomed yang membahas mengenai optimalisasi kemampuan fungsional pada anak berkebutuhan khusus. Beliau memberitahukan bagaimana cara menangani anak berkebutuhan khusus. Pada pemaparan selanjutnya, dimoderatori oleh Bunga Anisa Abu Bakar. Pemaparan kuis yang terdapat 3 pertanyaan dan yang berhasil menjawab akan mendapatkan hadiah. Pada acara selanjutnya, dipandu oleh Bunga Anisa Abu Bakar. Pembagian Doorprize untuk peserta yang beruntung memenangkan hadiah. Selanjutnya penutup acara dipandu oleh Bunga Anisa Abu Bakar selaku Mc.

Webinar_Fisio.jpg

Informasi