• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

HIMADIKA LDKM : “Build Your Character, Be The Best Leader For The Bright Future"

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 22 Oktober 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 151

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 telah berlangsung kegiatan LDKM Himpunan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta dengan tema “Build Your Character, Be The Best Leader For The Bright Future”. Kegiatan ini dilakukan via online melalui Zoom Meeting dan Live Streaming di YouTube Channel Himadika UPNVJ. Jumlah peserta yang hadir dalam via Zoom Meeting yaitu 99 peserta mahasiswa baru. Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) ini di dukung oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, dan  pendamping pada kegiatan ini yaitu Ns. Rokhaidah,M.Kep,Sp.Kep.An selaku Kepala Program Studi Keperawaan Program Diploma Tiga, Mayor laut (K) Ns. Ronny Basirun Simatupang, S.Kep., M.Si (Han) selaku Narasumber 1, serta Alumni yaitu Eri Cangra Lunan Ramadhan A.Md Kep selaku Narasumber 2.

Kepemimpinan2.jpg

Acara ini bertujuan  untuk  memberikan pembekalan wawasan mengenai kepemimpinan kepada mahasiswa baru angkatan tahun ajaran 2021, menjadi ajang mempererat tali persaudara bagi Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga (HIMADIKA), melatih kekompakkan dan kerja sama Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga (HIMADIKA). 

Acara Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) oleh Himpunan Mahasiswa Keperawatan Program Diploma Tiga (HIMADIKA) UPN Veteran Jakarta 2021 ini dibawakan oleh Eri Cangra Lunan Ramadhan A.Md Kep sebagai narasumber dengan judul Sejarah HIMADIKA”.

Kepemimpinan.jpg

Selanjutnya acara dibawakan oleh Mayor laut (K) Ns. Ronny Basirun Simatupang, S.Kep., M.Si (Han) dengan membawakan materi yang berjudul “Kepemimpinan dan Pengorganisasian Mahasiswa dalam ruang lingkup Keperawatan.”

Kepemimpinan dalam bahasa inggris disebut leadership. Leadership adalah kata benda (noun) yang berasal dari kata kerja (verb) to lead yang secara harfiah memiliki banyak makna, diantaranya: menyebabkan, menuntun, memimpin, menggiring, mengarahkan, dan memenangkan (Echols and Shadily, 1997:351). Pemimpin (leader) adalah tokoh atau orang yang memimpin, sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk memengaruhi atau mengajak orang lain (pengikut atau anak buah) untuk mencapai tujuan kelompok atau organisasinya. Selanjutnya, Overton (2002) mendefinisikan kepemimpinan sebagai “The ability to get work done with and trough others while gaining their confidence and cooperation.”

Kepemimpinan1.jpg

Setelah pemaparan materi, acara di lanjutkan dengan penampilan yel-yel dan minat bakat tiap kelompok mentoring pada zoom meeting dan post to post kelompok mentoring. Lalu sesi selanjut nya yaitu pesan dan kesan Mahasiswa Baru sekaligus penutupan dalam acara LDKM 2021 dan dilanjut share link evaluasi untuk seluruh Mahasiswa Baru Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga.

Informasi