• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional Program Studi Gizi Program Sarjana Peran Gizi dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Masa Pandemi

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 11 September 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 339

FIKES UPNVJ -  Pada hari Sabtu, 11 September 2021, telah dilaksanakan Webinar Nasional Program Studi Gizi yang berjudul Peran Gizi dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Masa Pandemi melalui platform Zoom Meeting dan live streaming YouTube pukul 09.00 - 11.00 WIB. Webinar ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Kepala Program Studi Gizi UPN Veteran Jakarta, beberapa dosen  dan mahasiswa lingkungan UPN Veteran Jakarta serta masyarakat umum lainnya. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 169 pada platform Zoom Meeting dan 223 pada live streaming Youtube. Sambutan sekaligus pembukaan dilakukan secara langsung oleh Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.

Gizni.jpg

Materi pertama disampaikan oleh Prof. dr. Veni Hadju, MSC, PhD. Beliau menyampaikan bahwa adanya penelitian tentang dua suplemen gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung omega 3, omega 6, dan omega 9 yaitu ulat sagu. Sedangkan suplemen lainnya yaitu ikan gabus yang memiliki kandungan protein hingga 70% serta kandungan albumin yang juga tidak sedikit.

Gizi_Nasional.jpg

Materi kedua disampaikan oleh M. Ikhsan Amar, S.Gz, M.Kes. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia mengalami beban gizi ganda yang disebabkan oleh tiga faktor yaitu asupan/konsumsi yang tidak adekuat, akses pelayan kesehatan, akses air bersih dan sanitasi yang belum rata, serta asupan makanan bergizi pada ibu hamil dan menyusui. Pesan beliau adalah “Orang gizi tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari profesi lain terutama pada bidang kesehatan”.

Setelah pemaparan materi yang telah disampaikan, dilakukan sesi diskusi yang menjadi tempat peserta bertanya. Pertanyaan yang diberikan seputar suplemen lain yang bisa diberikan, pemerataan fasilitas kesehatan di desa dan kota, faktor ekonomi yang bisa mempengaruhi gizi seseorang dan tablet tambah darah yang bisa diberikan oleh ibu hamil.

Gizinas.jpg

Harapan dari Webinar Nasional hari ini, semua peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang peran gizi yang berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat terutama di masa pandemi saat ini.

Informasi