• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sharing Session HIMADIKA : “Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa Dengan Menuangkan Ilmu dan Kreativitas Melalui Poster, Essay, serta KTI”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 06 September 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 224

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 04 September 2021 telah berlangsung kegiatan Sharing Session Himpunan Mahasiswa Keperawatan Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta dengan tema Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa Dengan Menuangkan Ilmu dan Kreativitas Melalui Poster, Essay, serta KTI. Kegiatan ini dilakukan via online melalui zoom meeting dan live streaming di YouTube Channel Himadika UPNVJ. Jumlah peserta yang hadir dalam via zoom meeting yaitu sekitar 80 peserta. Kegiatan Sharing Session ini didukung oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini telah dihadiri oleh Kepala Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga yaitu Ns. Rokhaidah, M.Kep., Sp.Kep.An, serta Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Tahun Ajaran 2019, 2020, dan 2021.

Sharing_HIMADIKA1.jpg

Acara ini bertujuan untuk Menambah pengetahuan mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga tentang kepenulisan Poster, Essay, dan KTI. Meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga dalam bidang akademik maupun non akademik. Selain menambah pengetahuan, acara ini pun bertujuan untuk Memberi motivasi agar mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga mengikuti lomba-lomba seperti Poster, Essay, dan KTI. Diharapkan mampu memberdayakan mahasiswa menjadi manusia yang cerdas, berilmu dan berpengetahuan serta manusia yang terdidik yang dilakukan melalui proses belajar, latihan, pengalaman dan lain sebagainya. Dalam rangka menambahkan prestasi akademik khususnya bagi mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga, untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga kita akan memberikan informasi terkait lomba-lomba akademik dan juga akan mendata mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga yang memiliki minat dan bakat seputar akademik yang diharapkan nantinya mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga tersebut dapat mengikuti lomba-lomba seputar akademik sehingga nantinya pula nama Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga dapat terangkat  karena prestasi yang dimiliki mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga.

Sharing_HIMADIKA2.jpg

Sharing Session Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta 2021 ini dibawakan oleh Sartika Alifia  sebagai pembicara satu dengan judul Point-Point  Penting  dalam Esai”. Dalam sharing yang disampaikan oleh Sartika Aliffia, menjelaskan bahwa Essai adalah sesuatu tulisan yang  menggambarkan opini penulis tentang subjek  tertentu yang dinilai secara sepintas dari  sudut pandang pribadi penulisnya. Dalam Essai mempunyai struktur berupa cover, pendahuluan,isi, penutup, daftar pustaka, dan lampiran.

Ciri ciri Essai :

  1. Tulisan berbentuk prosa (paparan) yang ditulis dalam sejumlan
  2. paragraf. Essay bukan puisi dan bukan pula prosa fiktif
  3. Dibandingkan jenis karya tulis ilmiah lain, esay tidak terlalu
  4. panjang. Bisa dikatakan relatif singkat. Namun isinya padat dan  jelas. Isu atau topik yang dikaji umumnya menarik, penting, dan  kerap diperbincangkan
  5. Bersifat subjektif tentang masalah aktual dengan  menggunakan analisis, interpretasi, dan refleksi

Tips membuat Ide Esai yang Menarik

1. Spesific : Esai bersifat menyelesaikan suatu masalah yang spesifik atau khusus. Ide spesifik dapat dilihat dari tujuan akhir yang ingin dicapai

2. Measurable : Essai itu dapat diukur dan tolak ukur keberhasilan dapat diperoleh dari studi literatur

3. Acceptable : Essai dapat diterima oleh masyarakat dan tidak bertentangan oleh hukum atau norma-norma yang berllaku

4. Relevant : Esai harus sesuai dengan kebutuhan sasaran.  Cara mengetahui apakah ide yang digunakan sudah relevan  ialah dengan melakukan survei kecil, mengamati tren, dan uji  coba terkait ide yang diusung

5. Time-Bound : Ide esai perlu memperhatikan jangka waktu tertentu terutama  dengan ide dan solusi

6. Innovative : inovasi merupakan kekuatan utama dari sebuah ide esai

Untuk pembicara kedua adalah Mohammad Rayhan Hernadi dengan judul Ajang kompetisi yang membuat suatu karya kreatif berbentuk poster”. Dalam sharing yang disampaikan oleh Mohammad Rayhan Hernadi , menjelaskan bahwa Poster adalah salah satu seni kreativitas yang dapat menggambarkan suatu kondisi atau objek. Poster dapat sebagai suatu ajakan untuk berbuat sesuatu, dan jika ingin hasil dan skill poster anda meningkat maka anda dapat melakukan salah satu kegiatan yang mengembangkan skill tersebut seperti mengikuti lomba poster. Ada 2 Jenis Umum, yaitu : Poster Digital berupa canva dll , Poster Manual berupa alat tulis, susah untuk di modifikasi atau di revisi.

Untuk pembicara ketiga  adalah Jovanka Adinda dengan judul Karya Tulis Ilmah ”.Dalam sharing yang disampaikan oleh Jovanka Adinda, menjelaskan bahwa KTI adalah Laporan tertulis yang memaparkan hasil (output) penelitian atau kajian suatu masalah oleh individu atau kelompok (biasanya maksimal tiga orang) dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Pada mahasiswa yang mengikuti LKTI memerlukan dosen sebagai pembimbing dari proses guna pemaparan hasil penelitian tersebut.

Sharing_HIMADIKA.jpg

Penyusunan Penulisan : Kutipan diambil dari sumber pustaka primer seperti jurnal penelitian, buletin, buku, prosiding seminar, maupun internet. Gunakan aplikasi Mendeley untuk memasukkan runtutan Daftar Pustaka secara mudah dan cepat. Siapkan poin utama, Optimalkan fitur-fitur di Ms. Word / Google Doc, Simpan kutipan penulisan dengan rapi dan langsung cantumkan sumbernya.

Informasi