• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta 2021 “Optimalisasi Peran Tenaga Kesehatan & Masyarakat, Polemik Limbah Sekali Pakai"

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 21 September 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 532

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta 2021 pada hari Minggu, 19 September 2021. Tema dari kegiatan ini adalah “Optimalisasi Peran Tenaga Kesehatan dan Masyarakat dalam Upaya Mengatasi Polemik Limbah Sekali Pakai pada Masa Pandemi Covid-19 Demi Pelestarian Lingkungan Hidup” dengan tujuan meningkatkan pengetahuan peserta terkait tema pembahasan dan menjadi ruang berbagi pengetahuan. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa/i aktif UPN Veteran Jakarta, mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia, dan seluruh masyarakat Indonesia dan dihadiri oleh sekitar 600 peserta.

Semnas.jpg

Kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta 2021 ini dipandu oleh Meidy Wiradati, mahasiswi aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2018 selaku MC. Rangkaian acara diawali oleh pembukaan, pembacaan doa dan tata tertib oleh MC serta foto bersama, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Pelaksana Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta 2021, Ketua HMKM Periode 2021/2022, Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana dan Wakil Dekan 2 Bidang Keuangan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang sekaligus membuka secara simbolis kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta  2021. Setelah itu, dilakukan pemutaran video profil Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan beberapa cuplikan iklan dari sponsor.

Semnas1.jpg

Rangkaian acara selanjutnya adalah perkenalan dan pembacaan CV Keynote Speaker oleh MC dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Keynote Speaker yaitu Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes yang membawakan materi terkait “Korelasi Kebijakan dengan Pelaksanaan Pengelolaan Limbah Sekali Pakai pada Masa Pandemi Covid-19 di Lapangan dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup”. Sebelum memasuki sesi pemaparan oleh pembicara yang akan dipandu moderator, MC membacakan terlebih dahulu CV dari moderator, yaitu Bapak Arga Buntara, SKM., MPH.

Semnas2.jpg

Setelah itu moderator membuka sesi pemaparan dengan membacakan CV dari Pembicara 1, yaitu Dr. Elanda Fikri, SKM., M.Kes selaku Ketua Pusat Unggulan IPTEK Poltekkes Kemenkes Bandung. Setelah itu, beliau memaparkan materinya mengenai “Mengenal Lebih Dalam Bahaya Limbah Sekali Pakai yang Bersifat Infeksius dan Sistem Pengelolaannya”.

Semnas3.jpg

Selanjutnya, moderator membacakan CV dari pembicara 2, yaitu Ibu Nayla Kamilia F., SKM., MPH yang merupakan Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya, beliau memaparkan materi mengenai “Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dan Masyarakat dalam Memaksimalkan Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pengelolaan Limbah Infeksius Sekali Pakai”. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung cukup interaktif antara pembicara, moderator, dan peserta. Acara dilanjutkan dengan pengumuman Best Paper Call for Paper Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta 2021 dan penayangan cuplikan iklan sponsor. Akhir acara, MC menghimbau peserta untuk mengisi Post Test dan evaluasi sebagai syarat mendapatkan sertifikat lalu MC menutup acara. (Irene Carolita)

Semnas4.jpg

Informasi