• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tim Pengelola Website FIKES Ikuti Pelatihan Kehumasan Bersama Lembaga Pendidikan Antara

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 28 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 266

FIKES UPNVJ - Humas merupakan salah satu protocol yang bersifat sentral didalam suatu instansi. Dikenal atau tidaknya sebuah instansi sangat tergantung kepada berperan atau tidaknya humas tersebut, sehingga dapat berperan baik secara internal maupun eksternal dalam memberikan maupun mencari informasi sebagai salah satu jembatan komunikasi.

Dalam upaya meningkatkan soft skill, tim pengelola website Fakultas Ilmu Kesehatan yang di wakili oleh Saudari Shintya Fika Harvi, S.Gz dan Selly Tituleis, Amd (perwakilan staff Tendik) mengikuti Pelatihan Kehumasan Bersama Lembaga Pendidikan Antara yang yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Juli 2021 secara virtual.

Antara.jpg

Dalam kegiatan ini, narasumber pertama diisi oleh Bapak Andes Lukman (Lembaga Pendidikan Antara) menyampaikan 3 materi diantaranya MENGENAL PUBLIC RELATIONS” (Konsep Dasar Komunikasi, Konsep Dasar Public Relations Dan Etika Public Relations, Memahami Karakter Media Masa&Social Media, Termasuk Pelaku Medsos (Blogger/Youtuber) Dalam Kinerja Praktiisi Humas dan materi ketiga yaitu Media Handling” Memahami pegelolaan Media, Agenda, setting, agenda farming, dan kepemilikan media. Bapak Andes berharap dengan materi ini  humas dari masing-masing fakultas dapat mengenali segmen platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, pemilihan topik dan narasumber dalam pencarian informasi, pemilihan kalimat dalam pembuatan narasi, penentuan topik pembuatan konten serta diharapkan humas dapat berkontribusi lebih baik lagi dalam menyajikan sebuah berita atau informasi.

Antara1.jpg

Narasumber kedua disampaikan oleh Ibu Gusti Nur Cahya aryani (staf Lembaga Pendidikan Antara). Dalam kesempatannya beliau memberikan 3 materi yaitu

  1. Produksi Konten Berita dan Press Release : Penggalian ide, Riset Online, dan Pemilihan Angle
  2. Teknik Wawancara dan Simulasi
  3. Praktik dan Evaluasi Penulisan Berita dan Press Release

Dengan pemberian materi ini diharapakan humas dapat menyajikan suatu gambar, video, konten maupun berita yang diambil dari Angle yang sesuai dengan topik bahasan sehingga informasi yang disajikan dapat menarik untuk di konsumsi public selain itu peserta juga diajarkan Teknik mewawancarai narasumber yang baik dan benar sehingga bisa mendapatkan informasi yang akurat dan tepat.

Diakhir acara peserta dilatih untuk praktik secara langsung dalam mewanwancarai seseorang sehingga diharapkan dengan materi yang telah diberikan peserta juga dapat menerapkan ilmunya dalam pekerjaan sehari-hari.   

Informasi