• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Asesmen Lapangan Daring (ALD) Surveilans Akreditasi LAM-PTKes di Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 24 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 266

FIKES UPNVJ -  Pada hari Senin, 19 Juli 2021, Surveilans Akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) di Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN (Prodi Kesmas) Veteran Jakarta telah dilaksanakan. Surveilans ini merupakan program kerja rutin yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes di semua program Studi Kesehatan yang ada di Indonesia. Tujuan dari surveilans akreditasi ini adalah melihat sejauh mana kemampuan program studi melaksanakan tindak lanjut dan rekomendasi pembinaan atau umpan balik yang diberikan oleh tim asesor ketika melakukan akreditasi. Surveilans ini dilaksanakan hampir tiga tahun setelah akreditasi yang dilakukan di Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta pada 2018.

ALD3.jpg

ALD Surveilans ini dilaksanakan secara daring (online) melalui Zoom Meeting yang telah disediakan oleh LAM-PTKes. ALD dihadiri oleh Asesor ALD Surveillans LAM-PTKes, Bapak Dr. drs. Sutanto Priyo Hastono, M.Kes., dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, jajaran Dekanat Fikes UPN Veteran Jakarta, dosen-dosen Prodi Kesmas, dan tenaga kependidikan (tendik). Acara dibuka oleh Ibu Lisye Maaulina sebagai pembawa acara pada Pukul 8.00 WIB, dilanjutkan dengan pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Video Profil Fikes UPN Veteran Jakarta. Lalu, Dekan Fikes UPN Veteran Jakarta, Bapak Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS, memberikan sambutan, dilanjutkan dengan sambutan dari Asesor ALD Surveillans LAM-PTKes, Bapak Dr. drs. Sutanto Priyo Hastono, M.Kes.

ALD4.jpg

Inti acara dipandu oleh Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Bapak Arga Buntara, SKM, MPH dengan mempresentasikan semua rekomendasi yang diberikan oleh asesor pada saat akreditasi Prodi Kesmas pada tahun 2018 dan berbagai tindak lanjut yang telah dilakukan. Sebagai catatan, ALD Surveilans ini masih berbasis pada borang tujuh standar yang meliputi Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian (Standar 1), Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu (Standar 2), Mahasiswa dan Lulusan (Standar 3), Sumber Daya Manusia (Standar 4), Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik (Standar 5), Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi (Standar 6), serta Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama (Standar 7).

ALD2.jpg

Selama acara berlangsung, Bapak Sutanto sebagai asesor memverifikasi dan mengklarifikasi setiap tindak lanjut yang telah dilakukan oleh Prodi Kesmas di setiap standar. Dalam proses ini, tim pelaksana yang terdiri dari Dekanat Fikes UPN Veteran Jakarta sebagai Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS), dosen-dosen Prodi Kesmas, dan tendik menanggapi sesuai dengan poin tindak lanjut per standar. Asesor juga memberikan banyak saran dan kritik di setiap tindak lanjut yang dilakukan. Setelah selesai verifikasi semua poin tindak lanjut, asesor bekerja mandiri untuk menyelesaikan dan mengisi formulir hasil asesmen surveilans.

ALD1.jpg

Setelah menyelesaikan formulir hasil asesmen, Bapak Sutanto sebagai asesor membuka kesempatan bagi tim pelaksana untuk melakukan klarifikasi dan konfirmasi. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh UPPS dan Prodi Kesmas untuk mengajukan rekomendasi perbaikan dan poin-poin tambahan pada formulir hasil asesmen.

ALD.jpg

Pada Pukul 18.00 WIB, ALD Surveilans diakhiri dengan kata penutup dari Bapak Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS sebagai Dekan Fikes UPN Veteran Jakarta dan Asesor ALD Surveillans LAM-PTKes, Bapak Dr. drs. Sutanto Priyo Hastono, M.Kes.. LAM-PTKes dan Fikes UPN Veteran Jakarta berharap bahwa proses surveilans ini menjadi langkah yang baik demi pencapaian Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta yang unggul pada tahun 2023. (AB)

Informasi