• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kajian Ramadhan Dalam Rangka Launching Lembaga Zakat,Infaq, Dan Sedekah (ZIS)

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 23 April 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 565

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat, 23 April 2021 Pukul 13.00-15.00 telah dilaksanakan Kajian Ramadhan dalam Rangka Launching Lembaga Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Acara ini dimoderatori oleh Bapak Arga Buntara, SKM.,MPH dan diawali dengan pembacaan ayat Suci Alquran oleh saudara Muhammad Fawwas Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat angktan 2020, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Bapak Dr.drg.Wahyu Sulistiadi, MARS. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan organisasi ini diharapkan dapat menjadikan kami khususnya keluarga FIKESmenjadi lebih baik lagi secara spiritual. Saat ini alquran dan fikih dapat digunakan sebagai referensi penelitian dalam profesi kami. Beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, bermanfaat dan berkelanjutan serta sebagai keseimbangan dunia-akhirat.

ZIS.jpg

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari dr. Nurhadi Ibrahim, Ph.D (Dosen FKUI) dengan tema materi “Kajian neuroplasticity dan brain health saat Puasa : pembentukan pribadi taqwa melalui ibadah Ramadhan”. Beliau menjelaskan bahwa Puasa ramadahan bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan perilaku dan kepribadian dalam kehidupan sehari-hari. Kepribadian manusia bersifat dinamis  daei sistem psikofisik dan ruh yang menentukan wataknya yang khas dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Prinsip dari kepribadian adalah respon untuk menyesuaikan diri dari stimulus atau paparan lingkungan sekitar yang diperankan oleh sistem saraf, sebagai salah satu contohnya yaitu dengan mengikuti acara ini merupakan contoh stimulus dari sistem syaraf untuk membentuk suatu perilaku. Perilaku atau kepribadian ada 2 yaitu Tidak dikondisikan/dipelajari (contoh : bayi menangis) dan Dapat dikondisikan (emosi, perilaku).

ZIS1.jpg

Prinsip proses belajar /membentuk neural network :Motivasi, perhatian, pengulangan, partisipasi efektif, lingkungan yg kondusif. Dengan puasa ramadhan dapat memberikan dampak positif yaitu :

  1. Dapat mengendalikan emosi
  2. Meningkatkan produksi zat-zat kimia  (meningkatkan kesehatan otak)

Tausiah kedua disampaikan oleh Ustadz Iwan Setiawan, LC (Dai Inisiatif Zakat Indonesia). Beliau menyampaikan bahwa launching ZIS FIKES UPNVJ ini bertepatan di hari jumat dan saat bulan puasa ramadhan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa keberkahan bagi kita semua. Didalam bulan ramadhan segala kebaikan yg dikerjakan akan mendapatkan pahala berlipat ganda dibanding bulan-bulan sebelumnya. Jadilah pekerja yang amanah karena ketika pekerjaan mulia (amil, dll) tidak dikerjakan oleh para ahlinya maka kehancuran yang akan di dapatkan.

ZIS2.jpg

Ibu Ns. Santi Herlina, M.Kep.,Sp.Kep.MB dalam sambutannya selaku ketua dari ZIs menuturkan Zis fikes memerlukan pelatihan dari IZI agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu struktur organisasi dan program kerja masing-masing divisi telah dibentuk dan semoga segera terealisasi setelah pelatih an dari IZI. Pihak IZI yang diwakili oleh bapak Muhammad Ardhani selaku General Manager Zakat Funding IZI Pusat pun menjelaskan bahwa pihak IZI berharap semoga lembaga ini dapat memberikan manfaat bagi umat, karena kita mengelola keuangan umat maka semoga dapat berjalan dengan amanah, dan izi siap mendampingi untuk edukasi proses pengelolaan dananya baik pengumpulan maupun distribusinya kepada umat. Semoga dengan lembaga ini dapat mengedukasi  untuk zakat dan mengetahui siapa saja yang berhak mendapatkannya sehingga lembaga ini menjadi lembaga yang profesional dan bermanfaat dan tepat sasaran

Informasi