• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

EDUCATION AND SOFT SKILL VOL.3 “Creative Thinking : Create Creativity for The Future”

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 21 Maret 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1034

FIKES UPNVJ - Telah terselenggara kegiatan rangkaian acara Education and Soft Skill Vol.3 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 yang dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting dengan tema Creative Thinking : Create Creativity for The Future”. Kegiatan Education and Soft Skill merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Akademik yang bertujuan untuk mendukung peningkatan akreditasi Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Kegiatan ini memberikan wadah dalam bentuk kelas khusus mengenai minat dan bakat dengan menghadirkan narasumber-narasumber untuk mengasah mahasiswa/I untuk berpikir kreatif dan menciptakan ide-ide baru, serta dapat mencari alternatif dalam memecahkan masalah yang berbeda-beda.

Creativ1.jpg

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.30 hingga 14.20 WIB. Kegiatan acara ini telah dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa/i Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dengan menghadirkan narasumber - narasumber yang luar biasa serta memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas, yaitu Ibu Purnamadyawati, SSt.Ft, SKM, M.fis selaku Dosen Fisioterapi UPN Veteran Jakarta dan Mauddy Tridewi Putri, S.Sos selaku pemilik de’ Fleur Jakarta.

Creative3.jpg

Kegiatan ini dipandu oleh Malicha Aulia Ramadhani selaku MC yang merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2020. Kemudian kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh MC, sambutan ketua Pelaksana Education and Softskill Vol.3, sambutan ketua Himpunan Mahasiswa Fisioterapi (HIMFIS), sambutan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dilanjutkan dengan foto bersama oleh seluruh panitia dan peserta, serta dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber beserta sesi tanya jawab.

Creativ.jpg

Pada pemaparan materi sesi 1 dimoderatori oleh Condrowati, S.Fis., M.Sc. Pemaparan materi disampaikan oleh Mauddy Tridewi Putri, S.Sos.yang membahas mengenai Creative Thingking lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Menurut beliau Creative Thinking merupakan suatu kemampuan untuk melihat sesuatu secara berbeda dan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah. Sedangkan Kreativitas adalah kemampuan membuat sesuatu yang baru bisa berupa gambar, atau karya musik — tetapi mungkin juga ide baru. Tidah hanya itu, beliau juga menyampaikan sebuah Ide/gagasan itu tidak harus selalu original, tetapi bagaimana kita bisa mengembangkan suatu ide yang sudah ada sebelumnya untuk bisa berbeda dari sebelumnya dan meng-upgrade outcome-nya.

Creativ2.jpg

Dilanjutkan pemaparan materi sesi 2 dimoderatori oleh Condrowati, S.Fis., M.Sc. Pemaparan materi disampaikan oleh Purnamadyawati, SSt.Ft, SKM, M.fis yang membahas mengenai creative thinking, teknik melatih creative thinking, serta tipe-tipe gaya komunikasi. Setelah memaparkan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beliau menyampaikan Creative thinking atau berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir yang dimiliki individu dan dapat mengarahkan individu tersebut pada pemikiran yang penuh dengan kreativitas, sehingga dirinya mampu menciptakan sesuatu yang baru dan karya unik yang berbeda dari karya-karya sebelumnya.

Beliau juga menyampaikan beberapa cara untuk melatih Creative Thinking, yaitu dengan :

1. Bekali  diri dengan pengetahuan luas

2. Menulis sesuatu setiap hari

3. Luangkan waktu untuk Refreshing

Selanjutnya beliau mengakhiri materi dengan menyampaikan mengenai komunikasi dan tipe gaya komunikasi. Di dalam penyampaiannya beliau memaparkan bahwa komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan dengan menggunakan media dan cara penyampaian informasi yang dipahami oleh kedua pihak. Lalu beliau juga memaparkan tentang cara atau gaya komunikasi yang terdiri dari empat buah yaitu visual, auditori. kinestetik, dan digital.

Setelah pemaparan materi oleh pembicara ke dua yang juga menjadi pembicara terakhir pada kegiatan ini dilanjutkan dengan pembacaan pemenang doorprize, serta diakhiri dengan penutupan oleh MC.

Manfaat dari Kegiatan Education and Soft Skill Vol.3 ialah untuk mendapatkan pembekalan materi mengenai berpikir kreatif agar peserta seminar dapat menciptakan ide-ide baru dalam menghadapi suatu hal dalam memecahkan masalah yang berbeda-beda. Selain itu, peserta seminar juga mendapatkan pengalaman serta menambah relasi dari berbagai jurusan maupun universitas. Akhir dari kegiatan Education and Soft Skill Vol.3 ini akan dipublikasikan di sosial media Himpunan Mahasiswa Fisioterapi.

Informasi