• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Internasional "Improving The Quality of Life with NULIMEAL (Nutrition, Lifestyle, and Mental Health) to Boost Immunity in Covid-19 Pandemic”

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 15 November 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 478

FIKES UPNVJ - Penyakit COVID-19 adalah sindrom pernafasan akut yang disebabkan oleh SARS coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyebar dengan cepat dari Wuhan Kota Hubei, Provinsi China hingga belahan dunia lainnya. Meningkatnya jumlah kasus di China dan di seluruh dunia menyebabkan WHO menyatakan darurat kesehatan global pada 30 Januari 2020. Pandemi COVID-19 mendorong pemerintah untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berpengaruh dalam kebiasaan dan gaya hidup masyarakat. Selain itu, perubahan rutinitas kerja yang sebelumnya dilakukan di luar rumah, dengan situasi saat ini yang mewajibkan untuk melakukan aktivitas dari rumah dapat menimbulkan rasa bosan maupun stress yang mendorong masyarakat makan berlebihan, terutama 'makanan penenang' yang tinggi gula. Efek keinginan makan karbohidrat ini sebanding dengan indeks glikemik makanan yang dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular, di luar keadaan peradangan kronis, yang telah terbukti meningkatkan risiko komplikasi yang lebih parah COVID-19.

Nule4.jpg

Sehubungan dengan pandemi yang sedang terjadi, Mahasiswa Program Studi Gizi Program Sarjana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta angkatan 2018 berinisiatif untuk menggelar sebuah web seminar berskala internasional yaitu International Webinar on Nutrition 2020 bertemakan "Improving The Quality of Life with NULIMEAL (Nutrition, Lifestyle, and Mental Health) to Boost Immunity in Covid-19 Pandemic”. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 November 2020 pada pukul 7.30 WIB sampai 12.17 WIB yang diikuti oleh 868 peserta dari berbagai wilayah.

Nule.jpg

Webinar dimulai dengan opening ceremony, sambutan-sambutan dan pemaparan oleh Keynote speaker yaitu Wakil Rektor 3, Ibu Dr.dr. Ria Maria Theresa, SpKJ., MH.,  tentang "The Urgency of COVID-19 Pandemic in Indonesia". Lalu dilanjutkan dengan pemberian materi yang terbagi menjadi 3 sesi. Pada sesi pertama pemberian materi oleh Ibu Avliya Quratul Marjan, S.Gz, M.Si., mengenai “How to Increase Immunity Effectively in COVID-19 Pandemic from Nutrition Point of View”, sesi kedua pemberian materi oleh Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi., mengenai “Healthy Lifestyle to Boost Immunity in Covid-19 Pandemic”, dan sesi ketiga pemberian materi oleh Dr. Preeti Khanna mengenai "Correlation Between Mental Health And Immune System During Covid-19 Pandemic". Setelah penyampaian seluruh materi dibuka sesi tanya jawab dengan peserta webinar dan diakhiri dengan video penutupan serta ucapan terima kasih.

Informasi