• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Progdi D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 17 September 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 108

FIKES UPNVJPada hari Sabtu, 12 September  2020 telah berlangsung kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Prodi D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini dilakukan via online melalui Zoom Meeting. Jumlah Mahasiswa baru hadir dalam via zoom meeting yaitu 76 mahasiswa baru . Kegiatan yang dihadiri oleh Kaprodi D-III Keperawatan yaitu Ns. Rokhaidah, M.Kep.,Sp.Kep.An, serta dosen-dosen D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta yaitu, Ns. Chandra Triwahyudi, S.Kep, M.Kes, Ns. Ani Widiastuti, S,Kep.M.Kep.Sp.Kep.MB, Ns. Arief W. Jadmiko, dan M. Kep, Nourmayansa Vidya Anggraini, S.Kep., M.Kep.

PkkMBd3kep1.jpg

Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru D-III Keperawatan agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran  dan kemahasiswaan. Mengenal dan memahami lingkungan kampus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

Pengenal Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Studi D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta 2020 ini dibawakan oleh Ns. Rokhaidah, M.Kep.,Sp.Kep.An sebagai pembicara satu dengan judul "Kegiatan Akademik Program Studi D3 Keperawatan".

Dalam materi yang disampaikan oleh Ns. Rokhaidah, M.Kep.,Sp.Kep.An, menjelaskan mengenai visi dan misi studi D-III Keperawatan. Kemudian, dijelaskan juga bagaimana strategi pembelajaran yang terdiri atas kuliah, tutorial, diskusi, response, seminar, praktik laboratorium, praktik klinik serta praktik lapangan. Lalu, beliau menyampaikan mengenai peluang dan tantangan lulusan prodi D-III Keperawatan.

PkkMBd3kep2.jpg

Untuk pembicara kedua adalah Alyadin Rahmat Hidayat dengan judul “Kemahasiswaan, Kegiatan, Dan Peranan Himpunan”.

Alyadin Rahmat Hidayat menjelaskan mengenai Himpunan Mahasiswa D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta. Alyadin memaparkan tugas serta visi dan misi dari Himpunan Mahasiswa D-III Keperawatan. Kemudian ia juga memaparkan mengenai pengurus inti dan departemen yang terdapat didalam Himpunan Mahasiswa D-III Keperawatan, pengurus inti terdiri dari sekertaris dan bendahara, sedangkan departemen terdiri atas departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa), ADKESMA (Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa), KOMINFO (Komunikasi dan Informasi), SOSMAS (Sosial Masyarakat), Seni dan Olahraga, sera Kesekretariatan.

Supriadi, Amd.Kep sebagai pembicara ketiga dengan judul “Strategi Mahasiswa D3 Keperawatan Dalam Dunia Perkuliahan Dan Pekerjaan”.

PkkMBd3kep3.jpg

Supriadi, Amd.Kep menjelaskan bahwa strategi yang harus dipersiapkan dalam menghadapi perkuliahan dan pekerjaan adalah dengan menentukan prioritas, berkomunikasi yang baik dengan pimpinan, membuat target yang jelas, mengatur waktu, berhenti untuk mengeluh, serta yang terpenting adalah istirahat. Kemudian, beliau juga memberikan tips untuk menjadi mahasiswa yang sukses, yaitu dengan mengikuti mata kuliah dengan baik, bersosialisasi dengan lingkungan kampus atau organisasi, dan menyiapkan diri agar lulus kuliah.

PKKMBd3kep4.jpg

Untuk pembicara keempat adalah Ns. Heraningsih Eka Wulandari, S.Kep, dengan judul “Tantangan Dan Eksistensi D3 Keperawatan Di Dunia Kerja”, selain itu dibantu oleh MC yaitu Ade Rahmawati, dari panitia PKKMB prodi D-III Keperawatan.

Ns. Heraningsih Eka Wulandari, S.Kep menjelaskan mengenai manajemen kepemimpinan yang terdiri atas planning, organizing, actuating serta controlling. Kemudian beliau juga menjelaskan komponen yang harus ada di pemimpin dalam keperawatan, yaitu tanggung jawa, memiliki pengetahuan, keahlian, keterampilan yang memadahi, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, perencanaan yang positif, kemampuan mengambil tindakan yang tepat, dapat bekerjasama dengan anggotanya serta mendukung anggotanya untuk menambah pengetahuan.

PkkMBd3kep.jpg                                

Informasi