• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

APLIKASI PRAKTEK MATRA

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 29 Juli 2015
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 3849

KEGIATAN PRAKTIKUM MATAKULIAH MATRA

FIKES UPN “VETERAN” JAKARTA

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN, S1 ILMU GIZI, DAN D3 KEPERAWATAN

Depok, 29 Juli 2015, Narasai praktek matra terpadu. Kegiatan ini meliputi menyesuaikan antara teori dan praktek pembuatan berbagai materi yang di aplikasikan :

Pada pagi yang cerah ini kita mengikuti satu rangkaian kegiatan uji coba simulasi penanggulangan bencana terpadu yang dilaksanakan oleh mahasiswa FIKES UPNVJ dalam rangka implementasikan pratek kesehatan matra terpadu. Dalam simulasi ini di ceritakan bahwa sebuah pesawat yang akan mendarat di lapangan pondok cabe mendadak mengalami kecelakaan yaitu mati mesin dan jatuh menimpa gedung FIKES dan mahasiswa yang sedang berolahraga dilapangan, sehingga menimbulkan banyak korban. Dari korban-korban tersebut teridentifikasi korban yang mengalami luka bakar, patah tulang, perdarahan hebat, sakit jantung, tidak sadarkan diri dan banyak juga yang mengalami luka ringan.

Dalam rangka memudahkan penanganan korban-korban tersebut maka dilakukan triase untuk mengelompokkan korban berdasarkan prioritas penanganan antara lain : korban yang membutuhkan penanganan segera seperti korban dengan pendarahan hebat, luka bakar yang luas, sakit jantung, sesak nafas, tidak sadarkan diri, dikelompokkan dalam Triase warna merah. Korban yang mengalami patah tulang, luka-luka terbuka, stresss gangguan pernafasan, masuk kelompok triase berwarna kuning.

Sedangkan korban luka ringan, dislokasikan dan lemas karena kaget dan tidak membutuhkan penanganan segera di kelompokkan dalam triase berwarna hijau. Penanganan korban di TKP di bawah kendali Instruktur Lapangan Letnan Kolonel Ns. Hendik Wicaksono, S.Kep, M.Kep dari RSPAD Gatot Soebroto. Bagi korban yang berada dilantai 2 akan diturunkan dengan teknik evakuasi ketinggian menggunakan tandu NR Oleh Tim Evakuasi ketinggian dibawah pengawasan TIM dari YONKES MARINIR.

Sedangkan penanganan lanjut bagi korban yang sudah teridentifikasi dilakukan di IGD rumah sakit lapangan UPNVJ dibawah kendali Kapten Ronny, S.Kep. M.Kep Kasatgas Bencana Rumkit Marinir. Dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi korban, maka secara sigap mahasiswa ilmu gizi segera membuka dapur umum, dan mengidentifikasi kebutuhan gizi untuk masing-masing kategori korban.

Demikian gambaran rangkaian kegiatan penanggulangan bencana terpadu yang dilaksanakan oleh mahasiswa S1 Keperawatan SMT 8, mhs Ilmu Gizi SMT 8 dan MHS D3 Keperawatan SMT 6, dibawah inisiasi, kordinasi dan arahan Dekan FIKES didukung oleh seluruh staf FIKES.

1.jpg

2.jpg

4.jpg

Informasi