• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KELAS BATAVIA "Siaran: Kesiapsiagaan Mahasiswa terhadap Kebencanaan"

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 01 Juni 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 95

FIKES UPNVJ - KSM Batavia telah menyelenggarakan program kerja dari divisi Pusdiklat yaitu KELAS BATAVIA pada hari Sabtu, 25 Mei 2024. KELAS BATAVIA diselenggarakan secara luring yang bertempat di Ruang 608, Gedung MERCe, Fakultas Ilmu Kesehatan, Limo, Depok. KELAS BATAVIA 2024 mengusung tema Siaran: Kesiapsiagaan Mahasiswa terhadap Kebencanaan. Sasaran peserta yang mengikuti KELAS BATAVIA ini adalah seluruh relawan dan kepengurusan yang tergabung dalam KSM BATAVIA, serta terbuka untuk umum bagi KEMA UPNVJ. Kegiatan ini bertujuan untuk Memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada relawan mengenai peran mereka dalam situasi kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan pemulihan bencana.. Tidak hanya memberikan edukasi, tetapi kegiatan KELAS BATAVIA 2024 juga menyelenggarakan praktik dan roleplay tata cara melakukan pertolongan pertama bagi peserta yang mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

WhatsApp_Image_2024-06-01_at_12.15.54.jpeg

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta. Lalu, pengerjaan soal pre test yang berkaitan dengan materi. Acara selanjutnya adalah sambutan. Sambutan diberikan oleh ketua pelaksana acara KELAS BATAVIA, ketua KSM Batavia, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FIKES yaitu Bapak Agustiyawan, SST, FT, M.Fis, AIFO. Selanjutnya, acara inti yaitu pemberian materi kebencanaan terkait Firts Aid atau Pertolongan Pertama. Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi tanya jawab bagi peserta yang ingin bertanya lebih lanjut terkait materi. Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan praktik secara langsung atau roleplay pemberian pertolongan pertama, berupa CPR dan juga pertolongan pada patah tulang.

WhatsApp_Image_2024-06-01_at_12.18.20.jpeg

Selanjutnya, acara ditutup oleh MC dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan sertifikat secara simbolis dari KSM Batavia kepada narasumber. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pengisian post test.

WhatsApp_Image_2024-06-01_at_12.16.15.jpeg

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan mengenai kebencanaan bagi peserta. Hal ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana dan mempersiapkan masyarakat yang tanggap bencana di wilayah rawan bencana pada masa yang akan datang. Selain itu, diharapkan juga mampu meningkatkan kesiapan anggota dan relawan KSM BATAVIA untuk menjalankan perannya saat terjun langsung di lokasi bencana.

Informasi