• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Mendeley 2024 “Mendeley Mastery: Effective Strategies in Literature and Citation Management”

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 02 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 92

FIKES UPNVJ - Pelaksanaan kegiatan Workshop Mendeley 2024 dalam rangka pemenuhan tugas project workshop aplikasi reference manager Mata Kuliah Penulisan Ilmiah telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 20 April 2024 secara online melalui platform Zoom Meeting dari pukul 08.00 sampai 12.25 WIB. Kegiatan Workshop Mendeley 2024 mengangkat tema “Mendeley Mastery:  Effective Strategies in Literature and Citation Management. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta dalam menggunakan aplikasi Reference Manager Mendeley. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta dan masyarakat umum yang dihadiri oleh 201 peserta.

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_07.47.08.jpeg

Kegiatan Workshop Mendeley 2024 ini dipandu oleh Master of Ceremony (MC), yaitu Nadia Nugrahani selaku mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta angkatan 2022. Rangkaian kegiatan Workshop Mendeley 2024 diawali dengan registrasi peserta dan pengisian link Pre-Test, pembukaan, pembacaan tata tertib dan output penugasan workshop mendeley, serta foto bersama oleh MC. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Lalu, pemberian sambutan oleh Weni Nur Aisyah selaku Ketua Pelaksana Workshop Mendeley 2024. Selanjutnya sambutan oleh Ibu Nayla Kamilia Fithri, S.K.M., M.P.H. selaku Koordinator Sekretaris Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta.

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_07.47.22.jpeg

Acara selanjutnya adalah sesi pemaparan materi Pengantar Penulisan Ilmiah yang disampaikan oleh Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd., M.K.M. Setelah pemaparan materi Pengantar Penulisan Ilmiah, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Workshop Mendeley oleh Ibu Dr. Fajaria Nurcandra, SKM, M.Epid. Sesi pemberian materi Workshop Mendeley diawali dengan pembacaan Curriculum Vitae (CV) oleh MC dan dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait aplikasi Mendeley. Adapun pemaparan materi aplikasi Mendeley meliputi:

  1. Pengertian Aplikasi Mendeley
  2. Kelebihan Mendeley
  3. Cara pengoperasian Mendeley

 WhatsApp_Image_2024-05-02_at_07.47.34.jpeg

Setelah sesi pemaparan materi Mendeley, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai aplikasi Mendeley. Kemudian, peserta juga mendapatkan penjelasan lebih lanjut dengan praktik Mendeley yang dibimbing oleh fasilitator di breakout room Zoom Meeting. Setelah semua rangkaian acara berlangsung, peserta diberikan sedikit refreshing dengan permainan ice breaking yang menyenangkan. Terakhir, acara ini ditutup oleh MC. Sebagai penutup, peserta diimbau oleh MC untuk mengerjakan link Post-Test dan Evaluasi sebagai bukti kehadiran serta mengerjakan penugasan berupa output praktik Mendeley sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat. (SADP/NAF)

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_07.46.53.jpeg

Informasi