• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Sekolah SEMA “Let’s Go for Knowing About Legislative”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 07 November 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 144

FIKES UPNVJ - SEMA FIKES UPNVJ menggelar acara webinar Sekolah SEMA dengan tema “Let’s Go for Knowing About Legislative” pada Minggu, 30 Oktober 2022. Acara dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan dihadiri oleh 38 peserta yang terdiri dari dekanat, delegasi ormawa, dan peserta Sekolah SEMA yang merupakan mahasiswa/i aktif Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta dan perseta umum serta 19 Panitia dari SEMA FIKES UPN “Veteran” Jakarta. Acara dibuka oleh pembawa acara yaitu Marwah Luthfia Azzahra, Mahasiswi Program Studi Gizi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta.

WhatsApp_Image_2022-11-07_at_14.36.27.jpeg

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.45 WIB. Kegiatan webinar ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana Febilla Dwinanda Riyanti dilanjut dengan sambutan oleh ketua Senat Mahasiswa FIKES UPNVJ Muhammad Dwi Yudha Satya kemudian dilanjut sambutan oleh Wakil Dekan 3 FIKES UPNVJ Ns. Santi Herlina, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.MB.

Dalam sambutannya, Ns. Santi Herlina, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.MB. mengatakan bahwa “      Namanya sekolah pasti ada kurikulum atau pembelajaran yang akan didapatkan bagaimana nantinya dalam kegiatan hari ini untuk mempersiapkan untuk mengkader para mahasiswa yang nantinya akan me-leading atau memimpin organisasi yang ada di Fikes UPN “Veteran” Jakarta, Senat Mahasiswa sebagai organisasi legislatif yang memiliki peran dalam menentukan kebijakan atau terkait dengan peraturan-peraturan yang akan dijalankan oleh ormawa yang ada di Fikes UPN “Veteran” Jakarta“. Webinar yang diadakan oleh Senat Mahasiswa FIKES UPNVJ ini menghadirkan dua  pembicara yaitu Sartika Aliffia dan Bunga Deskomala dengan moderator Nur Aninda Rizki selaku Alumni Program Studi Akuntansi Program Diploma UPN “Veteran” Jakarta.

WhatsApp_Image_2022-11-07_at_14.36.34.jpeg

Sartika Aliffia  sebagai pembicara pertama merupakan seorang  Mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta jurusan Kesehatan Masyarakat, beliau juga merupakan Kepala Sekretariat Kabinet BEM UPN Veteran Jakarta, membawakan tema mengenai ”Why Organization is Very Important”. Pada pemaparannya, Sartika Aliffia mengatakan bahwa,“Organisasi adalah suatu sistem individu yang stabil bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama juga dan tentunya organisasi mahasiswa juga terdapat tingkatannya mulai dari universitas lalu fakultas lalu jurusan. Dari organisasi tingkat fakultas ini contohnya adalah BEM-U atau MPM-U dan juga UKM, berikutnya adalah organisasi tingkat fakultas diantaranya ada BEM Fakultas, Sema Fakultas, dan KSM. Dan berikutnya organisasi jurusan atau bisa disebut sebagai HMJ, dan apasi manfaat organisasi itu, tentunya menambah relasi, meningkatkan wawasan, dan mengoptimalkan kemampuan yang kita miliki.”

WhatsApp_Image_2022-11-07_at_14.36.42.jpeg

Bunga Deskomala sebagai pembicara kedua merupakan seorang  Mahasiswi fakultas Hukum UPN “Veteran” Jakarta jurusan Ilmu Hukum, beliau juga merupakan Ketua MPM UPN “Veteran” Jakarta. Beliau membawakan tema mengenai “Let's Know about Legislatif”. Pada pemaparannya, Bunga Deskomala mengatakan bahwa, “Legislatif dalam ruang lingkupnya juga kekuasaan atas pemerintahan dalam ruang lingkup kampus harusnya terbagi menjadi 3 kekuasaan, yaitu eksekutif = BEM, Legislatif = MPM atau SEMA, dan yudikatif = MPM. Pembagian kekuasaan tersebut juga biasa disebut trias politica dan ada legislator muda yang terbagi menjadi 3, diantaranya yang pertama ada legislasi yaitu menyusun program legislasi keluarga mahasiswa, pengawasan yaitu melakukan pengawasan realisasi program kerja, peraturan, dan kinerja eksekutif, dan yang ke 3 ini ada aspirasi kelembagaan yaitu menghimpun, mengkaji, dan menyeleksi aspirasi-aspirasi yang ada di fakultas”.

Sampai jumpa di Sekolah SEMA  tahun depan!

Informasi