• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

WEBINAR INTERNASIONAL 2022 HIMADIKA : “Penguatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Mewujudkan Komunitas Tangguh Bencana”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 28 November 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 132

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 26 November 2022 telah berlangsung kegiatan Webinar Internasional (2022) dengan tema “Penguatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Mewujudkan Komunitas Tangguh Bencana”. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Meeting. Jumlah peserta yang hadir dalam Webinar Internasional yang dilaksanakan secara online yaitu  260 orang yang terdiri baik dari mahasiswa D3 Keperawatan UPNVJ dan umum. Kegiatan Webinar Internasional  ini adalah sebuah kegiatan sharing mengenai Tangguh Bencana.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_11.51.37.jpeg

Rangkaian kegiatan terdiri dari 4 sesi yaitu, pemaparan materi 1 : “Emergency Response of Indonesian Military Medicine in Disasters”, pemaparan materi 2 : “Strengthening Societal Empowerment in Building a Disaster Resilent”, pemaparan materi 3 : “Empowering the Younger Generation to be aware of Disaster”, pemaparan materi 4 : “Speed and accuracy in Pre Hospital Disaster Response”. Tujuan dari diadakannya kegiatan Webinar Internasional 2022 ini diharapkan peserta dapat Menerima pengetahuan pada materi  yang sudah diberikan mengenai pembahasan Webinar Internasional. Acara diawali dengan pengisian registrasi ulang peserta pada link yang sudah diberikan panitia melalui chat zoom meeting guna mengkonfirmasi data yang ada. 

Pertama, acara dibuka oleh Listi Aisah Patma Hasibuan selaku MC dari kegiatan Webinar Internasional 2022, lalu pembacaan tata tertib acara dan rundown acara serta pemutaran lagu Indonesia raya, lagu mars bela dan lagu mars PPNI. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh sambutan dari Ketua Pelaksana acara Webinar Internasional 2022, Ketua Program studi D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta, Ketua Jurusan Keperawatan UPN Veteran Jakarta dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_11.53.19.jpeg

Setelah sambutan, MC Listi Aisah Patma Hasibuan  memperkenalkan moderator acara Webinar Internasional 2022 yaitu Irena Adibah Surapati, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh  Ns. Rony Basirun Simatupang, S. Kep. M.Si(Han). Dengan materi 1 : “Emergency Response of Indonesian Military Medicine in Disasters”.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_11.53.27.jpeg

Setelah pemaparan materi 1 selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta yang dipandu moderator. Sesi selanjutnya yaitu pemaparan materi kedua oleh Desak Nyoman Sithi, SKp.MARS.PhD dengan materi 2 : “Strengthening Societal Empowerment in Building a Disaster Resilent” . Setelah pemaparan materi 2 selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta yang dipandu moderator.Setelah selesai pemaparan materi kedua kemudian, dilanjut dengan ice breaking yaitu bangunan negara untuk merefresh peserta yang dipandu oleh Listi Aisah Patma Hasibuan selaku penanggung jawab.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_11.53.35.jpeg

Selanjutnya sesi ketiga, yaitu pemaparan materi ketiga oleh Dr. Kasemsuk Yothasamutr dengan materi 3: “Empowering the Younger Generation to be aware of Disaster”. Setelah pemaparan materi 3 selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta yang dipandu moderator.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_11.53.42.jpeg

Memasuki sesi keempat, yaitu pemaparan materi keempat oleh Prof. T. Samuel Ravi Kumar R.N,M.Sc. N, PhD Disaster Mangement dengan materi 3: “Speed and accuracy in Pre Hospital Disaster Response”. Setelah pemaparan materi 4 selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta yang dipandu moderator. Setelah selesai pemaparan materi dari keempat pembicara. MC memandu untuk pemberian sertifikat kepada para pembicara dan moderator pada acara Webinar Internasional 2022.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_11.50.27.jpeg

Selanjutnya melangkah pada penutupan acara MC menginstruksi untuk foto Bersama dengan peserta Webinar Internasional 2022 dan dilanjutkan penutupan dengan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara yang disampaikan oleh MC Listi Aisah Patma Hasibuan.

Informasi