• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Capacity Building Project (CBP) II 2022 “Train Up Yourself to Be a Leader with Good Self Management and Social Skill (TRAVERSE)”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 16 November 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 128

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan kegiatan Capacity Building Project (CBP) II 2022 yang terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu Pra CBP II 2022 yang dilaksanakan pada 31 Oktober 2022 di Auditorium Tanah Airku (Gedung FTL Lantai 5), CBP Day 1 dan CBP Day 2 yang dilaksanakan pada 05 November 2022 hingga 06 November 2022 bertempat di Pondok Zidane (Jalan Kekupu Blok, Blok Porek 1, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519), kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan serentak pada 12 November 2022 di yayasan/taman baca yang telah ditentukan panitia kepada setiap kelompok dan Closing CBP II 2022 yang dilaksanakan pada 13 November 2022 bertempat di Auditorium Tanah Airku (Gedung FTL Lantai 5). Tema dari Capacity Building Project (CBP) II 2022 adalah “Train Up Yourself to Be a Leader with Good Self Management and Social Skill (TRAVERSE)”. Tujuan kegiatan ini yaitu mengembangkan kemampuan serta keterampilan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2022 untuk mempersiapkan diri menjadi calon tenaga kesehatan yang aktif, solutif, serta komunikatif dalam menghadapi permasalahan kesehatan dengan berwawasan bela negara. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 116 peserta, 72 panitia, 35 tamu undangan, dan 2 dosen.

WhatsApp_Image_2022-11-16_at_07.59.04.jpeg

Kegiatan Capacity Building Project (CBP) II 2022 pada rangkaian Pra CBP II 2022 pada 31 Oktober 2022 ini dipandu oleh Dayinta Dewayani Hidayat dan Margaritha Putri Anatasya, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta 2021 selaku MC. Rangkaian acara diawali dengan registrasi peserta atau kedatangan peserta dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC dan sambutan Ketua Pelaksana yaitu Muhamad Naufal serta Sambutan Ketua HMKM yang diwakilkan oleh PLH Ketua HMKM yaitu Muhammad Sulthan Fadhil. Selanjutnya adalah pembacaan MoU Capacity Building Project (CBP) II 2022 yang disepakati dan ditandatangani oleh Ketua Pelaksana dan juga perwakilan dari angkatan 2022 yaitu Ulwan Rahman. Setelah itu, rangkaian acara selanjutnya adalah pemberitahuan barang bawaan dan briefing penugasan yang dipandu oleh Divisi Acara dan tanya jawab  serta penutupan Pra CBP II 2022 oleh MC.

WhatsApp_Image_2022-11-16_at_07.58.33.jpeg

Kegiatan Capacity Building Project (CBP) II 2022 pada rangkaian CBP Day 1 pada 05 November 2022 ini dipandu oleh Dayinta Dewayani Hidayat dan Danadipa Asmara, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta 2021 selaku MC. Rangkaian acara diawali dengan registrasi peserta dan persiapan keberangkatan dengan melakukan skrining barang bawaan peserta kemudian melakukan keberangkatan menuju lokasi kegiatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan check-in dan kumpul peserta kemudian pembukaan oleh MC dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara serta doa pembuka dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Capacity Building Project (CBP) II 2022, sambutan dari Ketua HMKM Periode 2022/2023 yang diwakilkan oleh PLH Ketua HMKM Periode 2022/2023 dan sambutan Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta. Rangkaian selanjutnya adalah MC membacakan CV dan memperkenalkan moderator, yaitu Margaritha Putri Anastasya, mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta. Selanjutnya, moderator membuka sesi pemaparan dengan membacakan CV dari pembicara pertama yaitu Bapak Arga Buntara, SKM., MPH selaku Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta dengan membawakan materi mengenai “Kolaborasi Kesehatan Sebagai Aspek Fundamental dalam Kesehatan Masyarakat” dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pembicara, moderator dan peserta. Lalu, acara dilanjutkan dengan ice breaking yang dipandu oleh MC. Selanjutnya, setelah ice breaking MC mengembalikan acara kepada moderator dan dilanjutkan dengan perkenalan dan pembacaan CV serta pemaparan materi oleh pembicara kedua, yaitu Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd, M.K.M. selaku Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta dengan membawakan materi mengenai “Mengenal Promosi Kesehatan dalam Kesehatan Masyarakat” dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pembicara, moderator dan peserta. Rangkaian acara selanjutnya adalah break ISHOMA Dzuhur yang akan dilanjutkan dengan rangkaian persiapan memasuki materi ke 3 yaitu perkenalan dan pembacaan CV serta pemaparan materi oleh pembicara ketiga, yaitu Saudari Fitri Nur Afifah, SKM. selaku Alumni Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta tahun 2017 dengan membawakan materi mengenai “Pentingnya Social Skills dan Manajemen Diri dalam Mengatasi Isu Kesehatan” dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pembicara, moderator dan peserta. Setelah itu, terdapat penampilan kelompok dari kelompok 2 dan kelompok 4.

WhatsApp_Image_2022-11-16_at_07.58.23.jpeg

Rangkaian selanjutnya adalah break Sholat Ashar serta persiapan dinamika kelompok yang terdiri dari 3 games dan 1 games final. Selanjutnya break Sholat Magrib dan Sholat Isya serta bersih-bersih peserta dan peserta diperbolehkan istirahat saat break lalu peserta makan malam. Dilanjutkan dengan sesi perkenalan sharing session oleh alumni yang dipandu oleh Divisi Mentor sebagai moderator. Lalu dilakukan sesi latihan untuk penampilan kelompok yang dipandu oleh Divisi Mentor, kemudian peserta istirahat.

Kegiatan Capacity Building Project (CBP) II 2022 pada rangkaian CBP Day 2 pada 06 November 2022 diawali dengan kegiatan Post to Post (PTP) yang berjumlah 10 pos dan terdiri dari 1A, 2A, 3A, 4A, 5A, 1B, 2B, 3B, 4B dan 5B. Dalam setiap pos terdiri dari beberapa rangkaian, yaitu pemaparan materi oleh panitia, dilanjutkan dengan tanya jawab dan studi kasus yang diberikan oleh tamu undangan, dan ditutup oleh penarikan kesimpulan keseluruhan materi dari peserta. Setelah PTP selesai dilaksanakan, peserta diberikan waktu istirahat. Lalu setelah peserta bangun, peserta dan panitia sarapan pagi dan dilanjutkan dengan operasi semut dimana para peserta kembali ke kamar dan membereskan barang bawaan serta kamar masing-masing. Rangkaian acara selanjutnya adalah penampilan 10 kelompok lalu kegiatan selanjutnya adalah penyampaian terkait penyuluhan yang akan dilaksanakan pada 12 November 2022 di yayasan/taman baca yang telah ditentukan panitia dan tanya jawab. Setelah itu, MC menutup acara Capacity Building Project (CBP) II 2022 dengan doa yang diikuti oleh mobilisasi peserta ke kendaraan (tronton) untuk kembali ke kampus.

WhatsApp_Image_2022-11-16_at_07.57.44.jpeg

Kegiatan Capacity Building Project (CBP) II 2022 pada rangkaian kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan serentak pada 12 November 2022 di yayasan/taman baca yang sudah ditentukan panitia di setiap kelompoknya. Kelompok 1 melaksanakan penyuluhan di Rumah Yatim Pamulang, kelompok 2 melaksanakan penyuluhan di Panti Asuhan Al-Ikhwaniyah, kelompok 3 melaksanakan penyuluhan di Yayasan Panti Asuhan Al-Muhajirin, kelompok 4 melaksanakan penyuluhan di Asrama Yatim Mizan Amanah Bukit Cinere, kelompok 5 melaksanakan penyuluhan di Pesantren Yatim Cahaya Madina, kelompok 6 melaksanakan penyuluhan di Yayasan Permata Insani Bandung, kelompok 7 melaksanakan penyuluhan di Yayasan Nurul Falah, kelompok 8 melaksanakan penyuluhan di Panti Asuhan Hidayah Depok, kelompok 9 melaksanakan penyuluhan di Taman Baca AM Educenter dan kelompok 10 melaksanakan penyuluhan di Karena Doa Orphanage.

Kegiatan Capacity Building Project (CBP) II 2022 pada rangkaian Closing CBP II 2022 pada 13 November 2022 ini dipandu oleh Dayinta Dewayani Hidayat dan Danadipa Asmara, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta 2021 selaku MC. Rangkaian acara diawali dengan registrasi atau kedatangan peserta dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC serta pemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara oleh MC dan sambutan Ketua Pelaksana oleh Muhamad Naufal serta rangkaian selanjutnya adalah confess time yang dipandu oleh Divisi Acara. Dilanjutkan dengan pengumuman juara kelompok terbaik dan penobatan Duta CBP II 2022 (peserta terbaik) serta pembagian hadiah, lalu rangkaian acara selanjutnya adalah penampilan dari peserta dan panitia. Setelah penampilan, dilanjutkan dengan penayangan after movie dan kesan pesan dari peserta terhadap CBP II 2022 ini. Lalu, MC menutup acara Capacity Building Project (CBP) II 2022 dengan membaca doa lalu mempersilahkan peserta untuk pulang. (CM/NDM)

Informasi