• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

OLIMPIADE FISIOTERAPI NASIONAL “Kenali Kesehatan Otot dan Tulang sebagai Kunci Gemilang Masa Tua Anda”

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 04 Agustus 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 93

FIKES UPNVJ – Telah terselenggara kegiatan rangkaian acara Olimpiade Nasional Fisioterapi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta pada hari Sabtu dan Minggu, 30 – 31 Juli 2022 yang dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting dengan tema “Kenali Kesehatan Otot dan Tulang sebagai Kunci Gemilang Masa Tua Anda”  Kegiatan Olimpiade Nasional Fisioterapi merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Akademik yang bertujuan untuk mendukung peningkatan akreditasi Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga. Kegiatan ini memberikan wadah dalam bentuk kelas khusus mengenai beberapa perlombaan dengan kategori perlombaan essay, poster,dan cerdas cermat. Pada hari ini, terdapat 3 peserta pemenang lomba poster, 3 peserta pemenang lomba essay, dan 3 tim pemenang cerdas cermat yang masing-masing berisikan 3 peserta. Peserta yang mengikuti Olimpiade Nasional Fisioterapi 2022 UPNVJ merupakan Mahasiswa/i dengan Program Studi Fisioterapi Perguruan Tinggi di Indonesia, terkecuali perlombaan poster yang merupakan Mahasiswa/i dari semua Program Studi di Indonesia .

WhatsApp_Image_2022-08-04_at_07.16.05.jpeg

Pada hari pertama, kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, lalu pada hari kedua kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 14.30 WIB. Kegiatan acara ini telah dihadiri oleh kurang lebih dari 66 Peserta Lomba yang berasal dari berbagai instansi khususnya Program Studi Fisioterapi. Kegiatan ini dipandu oleh Rachel Dwi Sinurat selaku Pembawa Acara yang merupakan mahasiswa aktif Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2021. Kemudian kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh Pembawa Acara, laporan Ketua Pelaksana Olimpiade Nasional Fisioterapi, sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga, sambutan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang diwakilkan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dilanjutkan dengan foto bersama oleh seluruh panitia dan peserta, serta dilanjutkan dengan presentasi peserta lomba Call for Paper, dan presentasi peserta lomba essay. Lalu pada hari selanjutnya di awali dengan babak penyisihan peserta lomba Cerdas Cermat, final Cerdas Cermat, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang dari setiap perlombaan.

WhatsApp_Image_2022-08-04_at_07.15.44.jpeg

Pada lomba essay, terdapat 3 pemenang yang diraih oleh Cut Bunga Dara dari Universitas Syiah Kuala sebagai Juara I, lalu Amelia Rizki dari Universitas Indonesia sebagai Juara II, dan Ghendis Endtrinasari dari Universitas Muhamadiyah Malang sebagai Juara III. Lalu piagam penghargaan diberikan oleh Bapak Andy Sirada, SST.FT, M.Fis, AIFO selaku Dosen Fisioterapi UPN Veteran Jakarta.

Pada lomba Cerdas Cermat, terdapat 3 pemenang yang diraih oleh Tim 05 dengan nama Tim Fisioterapi CAA1 dari UPN Veteran Jakarta sebagai Juara I, lalu Tim 01 dengan nama Tim Amigdala dari Poltekkes Surakarta sebagai Juara II, dan Tim 04 dengan nama Tim Fisio Uhuy dari UPN Veteran Jakarta sebagai Juara III. Lalu piagam penghargaan diberikan oleh Bapak Ftr. Endri Hermawan, M.H., NMTC-CT selaku perwakilan juri.

Pada lomba Poster, terdapat 3 pemenang yang diraih oleh Helena Adelia Prabowo dari Universitas Sebelas Maret sebagai Juara I, lalu Richo Andrianto dari Universitas Airlangga sebagai Juara II, dan Yosephine Trillany dari Universitas Udayana sebagai Juara III. Lalu piagam penghargaan diberikan oleh Ibu Purnamadyawati, SSt,Ft, SKM, M.Fis selaku Dosen Fisioterapi UPN Veteran Jakarta.

Pada Lomba Call For Paper, terdapat 1  pemenang yang diraih oleh Indah Prima Rizillah dari IKesT Muhammadiyah Palembang sebagai Juara I.  Lalu piagam penghargaan diberikan oleh Ayu Novitasari selaku Ketua Pelaksana dari Olimpiade Nasional Fisioterapi 2022.

WhatsApp_Image_2022-08-04_at_07.15.58.jpeg

Manfaat dari Kegiatan Olimpiade Nasional Fisioterapi ialah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam meraih prestasi dan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi nilai sportivitas, menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk meperluas wawasan dalam bidang fisioterapi sehingga dapat memotivasi mahasiswa untuk berkompetisi, dan menambah relasi serta pengalaman. Akhir dari kegiatan Olimpiade Nasional Fisioterapi ini akan dipublikasikan di sosial media Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. (FDR)

Informasi