• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kesehatan Matra Oleh Mahasiswa S1 Keperawatan dan DII Fisioterapi “Cepat, Tepat dan Tangkas Siaga Bencana"

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 28 April 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 138

FIKES UPNVJ - Pada Selasa, 26 April 2022 bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana, telah terlaksana Webinar Kesehatan Matra secara daring via zoom meeting  dengan mengusung tema dan judul Cepat, Tepat dan Tangkas Siaga Bencana: Pengembangan Kesiapan dan Kewaspadaan Sebagai Kesadaran Masyarakat dalam Antisipasi, Proteksi, dan Penyelamatan Diri dari Ancaman Bencana”.Webinar yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Keperawatan Program Sarjana dan Fisioterapi Program Diploma Tiga ini bertujuan untuk mengembangkan kesiapan serta kewaspadaan masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana untuk mengantisipasi, memproteksi, serta menyelamatkan diri dari ancaman bencana dan menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa kesehatan khususnya keperawatan dan fisioterapi serta pengelola institusi kesehatan dan institusi pendidikan kesehatan di wilayah Indonesia. Sehingga diharapkan dapat menjadikan mahasiswa dan masyarakat yang memiliki kesadaran dan pemahaman yang baik dalam kesiapsiagaan bencana serta serta mampu menanamkan pada diri masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan maupun saat menghadapi bencana.

WhatsApp_Image_2022-04-28_at_13.09.35.jpeg

Adapun rangkaian acara Webinar Kesehatan Matra ini yaitu Pembukaan oleh Bunga Annisa (Mahasiswa Fisioterapi) selaku Master of Ceremony, lalu sambutan oleh Gilang Dermawan selaku Ketua Pelaksana, lalu dilanjutkan sambutan oleh Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc., AIFO selaku Ketua Program Studi Diploma Tiga Fisioterapi, Ibu Ns. Wiwin Winarti, S.Kep, M.Epid., MN selaku Ketua Jurusan Program Studi Keperawatan, Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO selaku Ketua Jurusan Fisioterapi, serta sambutan oleh Bapak Sugianto, SE, MM selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.

WhatsApp_Image_2022-04-28_at_13.10.28.jpeg

Pemahaman mengenai Health crisis management and it’s adaption during the covid-19 pandemic dipaparkan oleh Bapak Ali Haedar Dr., Spem,Kpec,Faha. Kemudian sesi pemaparan materi oleh Narasumber yang dipandu oleh Ahmad Nursalam selaku Moderator.

Pemaparan materi mengenai Peran serta Perguruan Tinggi dan Mahasiswa Kesehatan sebagai Agent Of Change dalam Kesehatan Matra sebagai Implementasi Bela Negara oleh Ibu Desak Nyoman Sithi, SKp, MARS, PhD. Kemudian dilanjutkan materi terkait Tindakan Pemulihan yang dilakukan Tenaga Kesehatan Pasca Kondisi Matra yang terjadi di Masyarakat setelah pertempuran oleh Bapak Agustiyawan, SST. FT, M.Fis, Ftr, AIFO. Dan materi mengenai Bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Kesiapan Kesehatan Matra dipaparkan oleh Bapak Drs. Slamet Sumarno, SMPh, M.Fis.

WhatsApp_Image_2022-04-28_at_13.05.16.jpeg

Selain itu, Kapuskodalops BNPB yaitu Bapak Ir. Bambang Surya Putra, M. Kom juga turut serta mengisi webinar ini, beliau memaparkan materi mengenai Peran serta Pemerintah dalam Penanganan Bencana di Indonesia sebagai Bentuk Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan No.61 Tahun 2013 tentang Kesehatan Matra.

WhatsApp_Image_2022-04-28_at_13.12.42.jpeg

Lalu dilanjutkan sesi tanya jawab bersama para Narasumber. Sesi tanya jawab ini berjalan lancar dan tampak antusiasme dari peserta. Di penghujung acara, MC mengumumkan untuk apresiasi peserta teraktif saat sesi tanya jawab berlangsung. Selanjutnya acara diakhiri dengan pengisian link post test dan evaluasi oleh peserta webinar.

Informasi