• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Epidemiology Series III (WONDERS III) Peminatan Epidemiologi-Biostatistika Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 24 November 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 93

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 21 November 2021, telah dilaksanakan Workshop Epidemiology Series III (WONDERS III) sebagai pemenuhan mata kuliah Seminar Profsi pada peminatan Epidemiologi-Biostatistika Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana melalui platform Zoom Meeting pukul 08.30 – 11.50 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Peserta WONDERS III sebanyak 107 partisipan.

Tema yang diambil pada WONDERS III kali ini adalah Improve Your Ms. Excel Skill, to Get Easier on Proccesing and Analyze Data. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan Microsoft Excel serta mengaplikasikannya dalam pengolahan dan analisis data. Pelaksanaan WONDERS III dipandu oleh MC yaitu Bagus Aprianto. Pembicara pada hari ini adalah Ibu Fransiska Amir (Program Development Program in Insight Indonesia dan Carrer Coach). Topik yang dibawakan oleh pembicara yaitu: (Menggali Lebih Dalam Fungsi Ms. Excel dari dasar). 

Epid.jpg

Selama pemaparan materi berlangsung, dilakukan sesi tanya jawab. Pertanyaan yang diberikan adalah seputar lebih jauh manfaat dari fungsi Ms. Excel, serta perpindahan data Ms. Excel ke aplikasi lain. Diantara sesi tanya jawab dan sesi pelatihan, diselingi dengan relaksasi yaitu ice breaking. Ice breaking yang dilakukan yaitu tebak lagu. Untuk peserta yang beruntung dalam ice breaking mendapatkan hadiah dari panitia. Setelah itu dilakukan pelatihan Microsoft Excel. Beberapa fitur yang digunakan dalam pelatihan kali ini antara lain chart, rumus dasar excel, fungsi Unique, fungsi Average if, fungsi IF, fungsi IFS, fungsi Pivot table.

Epid1.jpg

Output dari pelatihan yang telah dilakukan oleh peserta akan dikumpulkan kepada panitia maksimal pukul 15.00 WIB. Setelah pelatihan berakhir, dilanjutkan dengan sesi foto bersama serta penutup oleh MC. Harapannya WONDERS III pada hari ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan gambaran umum Microsoft Excel, meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel dalam mengolah dan analisis data, meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan fitur dan shortcut Microsoft Excel, serta melatih peserta dalam mengoperasikan Microsoft Excel dengan basis data kesehatan (Basic to Intermediate Skill)

Informasi