• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kuliah Pakar Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat dari Jepang “Community Organization and Community Development in Japan”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 19 Oktober 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 113

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat, 15 Oktober 2021, telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Pakar Mata Kuliah Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat yang dilaksanakan secara daring via Zoom meeting dari pukul 09.30 sampai dengan 11.20 WIB. Kegiatan ini memiliki tema “Community Organization and Community Development in Japan”, dihadiri oleh lebih dari 160 partisipan, mulai dari mahasiswa, dosen, maupun partisipan lainnya. Kegiatan ini dipandu oleh Adzkia Avisena Maghfiroh, Mahasiswi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2020. Pertama-tama, diinformasikan kepada seluruh peserta untuk mengisi formulir absensi terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan pembukaan dan sesi foto bersama. Setelah itu, pembacaan tata tertib dan mendengarkan lagu Indonesia Raya serta Mars Bela Negara.

Laily1.jpg

Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama adalah dari dosen koordinator mata kuliah Pengembangan dan Penorganisasian Masyarakat, Ibu Dr. Laily Hanifah, SKM., M.Kes.

Jepang.jpg

Setalah itu pemberian sambutan sekaligus pembukaan oleh Bapak Dekan FIKES UPN Veteran Jakarta, Bapak Dr. Drg. Wahyu Sulistiadi, MARS.Setelah itu, acara diambil alih oleh moderator, yaitu Ibu Yuri Nurdiantami, S.Farm., Apt., MPH, dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta untuk membuka sesi pemaparan materi dan tanya jawab. Materi kuliah umum kali ini disampaikan oleh Mrs. Kumi Watanabe-Miura, PhD., MPH, Public health nurse at hamamatsusi, health promotion division, Japan. Materi yang disampaikan adalah “Community Organization and Community Development in Japan”.

Jeang1.jpg

Secara umum, beliau membahas tentang karakteristik dari negara Jepang, mulai dari demografi hingga sosial budayanya. Lalu, beliau juga membahas terkait program-program pengembangan dan organisasi masyarakat yang ada di Jepang, khususnya di bidang kesehatan, serta komunitas dan berbagai fasilitas yang tersedia untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Setelah sesi pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang terdiri dari 6 pertanyaan dari mahasiswa yang antusias memyampaikannya langsung dalam Bahasa Inggris kepada narasumber serta dilanjutkan dengan pembacaan kesimpulan oleh moderator. Acara diakhiri dengan penutupan yang dipandu oleh MC.

Informasi