• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

VETERAN NUTRITION CELEBRATION (NU-CELL) DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI GIZI NASIONAL KE-60 TAHUN 2020

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 14 Pebruari 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 229

FIKES UPNVJPada Jum’at, 14 Februari 2020, Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta menyelenggarakan kegiatan Veteran Nutrition Celebration (NU-CELL) 2020 dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-60 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020. Kegiatan berlangsung di Lapangan Kampus II UPN Veteran Jakarta Jalan Raya Limo Depok, Laboratorium Gizi, dan Ruang Kelas Gedung B Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

66.jpg

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yaitu Bapak Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yaitu Ibu Putri Permatasari, SKM, MKM, Kepala Program Studi S-1 Ilmu Gizi UPN Veteran Jakarta yaitu Bapak Taufik Maryusman, S.Gz., M.Pd, M.Gizi., dosen-dosen S-1 Ilmu Gizi UPN Veteran Jakarta, para pegawai tata usaha Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, serta mahasiswa aktif S-1 Ilmu Gizi UPN Veteran Jakarta.

59.jpg

Kegiatan ini terdiri dari empat rangkaian acara, yaitu senam, penyuluhan warga, lomba masak, serta games. Kegiatan senam dilakukan dengan zumba, penyuluhan yang dihadiri oleh warga sekitar Limo yang mengangkat tema Anemia dengan Pembicara Ibu Sintha Fransiske Simanungkalit, S.Gz., MKM sebagai dosen gizi UPNVJ. Peserta Lomba Masak merupakan Mahasiswa aktif S-1 Ilmu Gizi UPN Veteran Jakarta, berjumlah 8 tim yang masing-masing terdiri atas 3 orang. Tema lomba memasak yaitu “One Dish Meal Berkaitan dengan Anemia” menggunakan bahan dasar ikan air tawar, yaitu Ikan tongkol, bayam, wortel, putren (baby corn) dan  tempe yang disediakan oleh panitia. Kriteria Penilaian dalam lomba masak ini terdiri dari kesesuaian tema, penyajian, cita rasa, kreativitas, kandungan nilai gizi, dan kebersihan.

62.jpg

Terdapat juga 3 games yaitu games Tarung, Jogetan Maut dan Spongebob. Tarung atau Tarik tambang memakai sarung satu kelompok terdiri dari 6 orang dengan mengenakan sarung. Saling tarik menarik sampai lawan melewati batas yang sudah diberi. Games kedua adalah Jogetan Maut Terdiri dari 5 orang, mekanismenya balon diletakkan dipunggung 5 orang tersebut dengan jalan seperti ular, lalu memindahkan ke suatu tempat dengan tarian, jika musik berhenti maka tarian harus diberhentikan. Diberikan waktu 4 menit. Dan games ketiga adalah Spongebob 1 team ada 5 orang, dengan cara mengestafet spons basah yang akan dinilai dari jumlah air yang terkumpul.

60.jpg

Dari perlombaan dan games tersebut didapatkan pemenang. Pada perlombaan memasak juara pertama diraih oleh team 3 yaitu Erina, Fitri, Septi dari angkatan 2017, juara 2 diraih oleh team 2 yaitu  Cahya, Dita, Faiza dari angkatan 2019, dan juara 3 diraih oleh team 1 yaitu Dinda , Wilis , Panji dari angkatan 2017. Pada games tarung juara 1 diraih oleh angkatan 18 , juara 2 diraih oleh angkatan 19 , dan juara 3 diraih oleh angkatan 17. Pada games jogetan maut juara 1 diraih oleh angkatan 18 juara 2 diraih oleh angkatan 17, dan juara 3 diraih oleh angkatan 19. Lalu pada games spongebob juara 1 diraih oleh angkatan 17, juara 2 diraih oleh angkatan 19,  dan juara 3 diraih oleh angkatan 18. Dan untuk Best Team dimenangkan oleh angkatan 2019.

61.jpg

Informasi