• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Selamat dan Sukses Kepada Mahasiswa/i Prodi S1 Fisioterapi atas perolehan Juara 3 Olimpiade Nasional Big Brain HIMAFI 2023

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 30 Oktober 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 311

FIKES UPNVJ - Olimpiade Nasional Big Brain HIMAFI 2023 merupakan kompetensi dalam bidang pendidikan yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Olimpiade Nasional Big Brain HIMAFI 2023 menjadi ajang di mana mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir secara kritis dalam mengingat serta menguasai materi mapun praktik yang telah diperoleh mahasiswa. Olimpiade Nasional Big Brain HIMAFI 2023 menyajikan beberapa mata lomba, salah satunya yaitu mata lomba cerdas cermat. Lomba cerdas cermat tersebut memiliki sub tema, yaitu Cerebral Palsy, motorik perkembangan dan refleks, serta gangguan perilaku pada anak. Lomba ini terdiri dari 3 babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Pada babak penyisihan, panitia pelaksana lomba menyajikan soal dalam aplikasi Safe Exam Browser (SEB) sebanyak 60 soal yang terdiri dari soal teori dan soal praktik. Pada babak semifinal, panitia pelaksana lomba menyajikan soal benar salah sebanyak 10 soal dan soal rebutan sebanyak 5 soal. Pada babak final, panitia pelaksana lomba menyajikan satu soal dalam bentuk soal kasus yang harus dibacakan selama 5 menit dan didiskusikan selama 2 menit. Setelah itu, satu peserta diberikan waktu selama 15 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi dan dua peserta lainnya melaksanakan praktik. Pada babak tersebut, dewan juri juga menguji dengan sistem tanya jawab. Olimpiade Nasional Big Brain HIMAFI 2023 mengadakan technical meeting secara online pada Kamis, 26 Oktober 2023 dan lombanya diadakan pada Minggu, 29 Oktober 2023. Selain itu, rangkaian kegiatan tersebut juga terdapat Seminar Nasional bertemakan Fisioterapi Pada Gangguan Neurological Anak yang diadakan pada Minggu, 12 November 2023  di Hall Bararah Baried Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

3.png

Olimpiade Nasional Big Brain HIMAFI 2023 ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting. Perlombaan diikuti kurang lebih 10 Universitas, Politeknik Kesehatan, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di area Pulau Jawa hingga Sulawesi. Dalam mengikuti perlombaan ini, Mahasiswa Fisioterapi Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta yang terdiri dari Muhammad Daffa Ramadhianto (2110715024), Varsha Ravita (2110715022), Firly Aldina (2110715011) didampingi oleh Ibu Mona Oktarina, S.FT., M.Biomed., AIFO. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 06.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 15.30 WIB. Program Studi Fisioterapi Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta mengikuti perlombaan secara daring dan mengirimkan dua tim yang masing-masing berjumlahkan 3 orang. Salah satu tim dari Program Studi Fisioterapi Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta berhasil meraih Juara 3 pada mata lomba cerdas cermat tersebut. Secara keseluruhan, kegiatan tersebut  terselenggara dengan baik dan sesuai rangkaian yang telah dibuat oleh panitia pelaksana lomba.

Informasi