• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Penanggulangan Gempa Bumi"

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 52

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 23 April 2024 telah berlangsung kegiatan mitigasi dengan tema “Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Penanggulangan Gempa Bumi”. Kegiatan ini dilakukan secara offline di Jl. H. Kado Blok Gedong Rt.04 Rw. 05, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan mitigasi yang dilaksanakan secara offline yaitu 20 peserta yang terdiri baik dari masyarakat RT. 03 dan RT. 04. Kegiatan mitigasi ini adalah sebuah kegiatan penyuluhan mengenai kesiapsiagaan bencana gempa bumi.

Screenshot_2024-05-08_093726.png

Rangkaian kegiatan ini terdiri dari 3 sesi yaitu, pemaparan materi 1 : “Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana Gempa di RW 05 Limo Depok”, pemaparan materi 2 : “Demonstrasi Simulasi Kesiapsiagaan Gempa Bumi”, pemaparan materi 3 : “Demonstrasi Tas Siaga Bencana”. Acara diawali dengan pengisian daftar hadir peserta pada lembar yang sudah disediakan oleh panitia. Kemudian dilanjut dengan pengisian pre-test kepada para peserta.

Screenshot_2024-05-08_093742.png

Pertama, acara dibuka oleh Arenta dan Maya selaku MC dari kegiatan mitigasi, lalu pembacaan tata tertib acara dan rundown acara. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh sambutan dari Ketua RW 05, dan perwakilan mahasiswa fakultas ilmu kesehatan UPNVJ.

Screenshot_2024-05-08_093800.png

Setelah sambutan, MC Maya memperkenalkan pemaparan materi pertama oleh Mahasiswa Program Ners yaitu Nabilla dan Maulyda dengan materi 1 : “Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana Gempa di RW 05 Limo Depok”. Setelah selesai pemaparan materi pertama, MC memandu untuk panitia membagikan leaflet yang berisikan materi demonstrasi simulasi Kesiapsiagaan gempa dan tas siaga bencana. Kemudian dilanjut dengan sesi selanjutnya yaitu pembacaan pemaparan materi kedua oleh Nadhira dan Dinda dengan materi 2 : “Demonstrasi Simulasi Kesiapsiagaan Gempa Bumi”.

Selanjutnya sesi ketiga, yaitu pembacaan pemaparan materi ketiga oleh Mutiara dan Naomi dengan materi 3 : “Demonstrasi Tas Siaga Bencana” dan sesi tanya jawab serta melakukan redemonstrasi dari tas siaga bencana. Setelah selesai pemaparan materi dari ketiga narasumber. MC memandu dalam penyerahan doorprize kepada masyarakat yang sudah bertanya.

Melangkah pada penutupan acara, MC memandu pengisian post-test kepada para peserta dan menginstruksikan untuk foto bersama dan dilanjutkan penutupan dengan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara yang disampaikan oleh MC Arenta dan Maya.

Link Video Hasil Mitigasi :

Instagram : https://www.instagram.com/reel/C6doUURLvRU/ 

Tiktok : https://vt.tiktok.com/ZSFws5kKB/ 

Youtube : https://youtu.be/WYvlWyroio0 

Informasi