• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PjBL Kesehatan Matra yang bertemakan “ Mengenal Langit Biru : Mengungkap Rahasia dan Solusi Polusi Udara”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 14 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 214

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat, 3 November 2023 telah berlangsung kegiatan Project Turun Lapangan Pengabdian Masyarakat dengan mata kuliah Kesehatan Matra yang bertemakan “ Mengenal Langit Biru : Mengungkap Rahasia dan Solusi Polusi Udara”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, dan Fisioterapi Program Sarjana dan didampingi oleh Dosen Pembimbing : Heri Wibisono, AMd.FT.,S.Pd., M.Si., AIFO.

2.jpg

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat yang bertempat tinggal di daerah jl. Koman Muin dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Acara ini dilaksanakan pada pukul 12.00 - 15.00 di Posyandu Melati Azzahra Jl. Koman Muin, rt 04/05 kec.limo, Kota Depok, Jawa Barat. Acara ini diselenggarakan untuk menambah pengetahuan mengenai polusi dan solusi yang dapat dapat kita lakukan dengan polusi udara yang akhir-akhir ini menjadi topik hangat diperbincangkan, hal ini dilaksanakan dalam bentuk upaya untuk mengatasi efek buruk yang akan terjadi di masyarakat apabila terlalu sering terpapar polusi udara.

1.jpg

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta dan  pengisian pretest yang dilakukan oleh peserta. Lalu pembukaan dan pembacaan doa oleh Mc, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Acara selanjutnya yaitu sambutan yang diberikan oleh ketua pelaksana dan Perwakilan Warga. Selanjutnya, acara inti yaitu pemberian materi tentang polusi udara, setelah pemaparan materi dilanjutkan ice breaking dan pemberian demonstrasi penggunaan masker, breathing exercise, dan inhalasi sederhana. Lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bagi para peserta yang ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan pengisian post-test, sesi dokumentasi, serta sesi dokumentasi dan penutupan oleh MC. Dari kegiatan Project Turun Lapangan ini didapatkan hasil pre-test dan post-test yang telah dilakukan oleh para peserta, diketahui bahwa terdapat peningkatan skor sebesar 11 poin dari skor pre-test sebesar 76,95 atau 77 menjadi 87,72 atau 88 pada post-test. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pemaparan materi dan demonstrasi yang disampaikan oleh kelompok dapat dipahami dengan baik oleh sasaran.

Informasi