• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mendukung Pasien Pasca Stroke Dengan Penyuluhan Nutrisi Yang Tepat: Langkah Penting Menuju Kesembuhan “Nutrisi Tepat Untuk Post Stroke”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 01 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 477

FIKES UPNVJ - Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, prevalensi stroke di Indonesia meningkat sekitar 56% dalam 5 tahun dari 0,7% (2013) menjadi 1,09% (2018) dengan prevalensi daerah Jawa Barat sebesar 12% dan kota Depok sebesar 21% dengan insiden malnutrisi pada pasien post stroke dilaporkan sebanyak 6% - 62%. Maka dari itu pada hari Kamis, 14 September 2023 telah berlangsung kegiatan Project turun lapangan keperawatan kritis yang dilaksanakan di Posbindu Mekar Alam yang berlokasi di Jl. Jambu IV, Grogol, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat oleh mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta Semester 7. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dengan tema “Nutrisi Tepat Untuk Post Stroke”.

WhatsApp_Image_2023-11-01_at_12.03.39.jpeg

Kegiatan project ini dihadiri dan diikuti oleh Ibu Suryani selaku Ketua Posbindu Mekar Alam, Ibu Maryam selaku Ketua RW 03, Bapak Supriyanto selaku Ketua RT 03, Para Ibu Kader dan warga serta Dosen Pengampu Keperawatan Kritis Ns.Rycco Darmareja, S.Kep.,M.Kep. dan Mahasiswa Keperawatan Program Sarjana UPN Veteran Jakarta khususnya angkatan 2020. Kegiatan project ini merupakan salah satu kegiatan dalam mata kuliah keperawatan kritis yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan, khususnya untuk memenuhi nutrisi untuk tubuh pada pasien pasca stroke dalam bentuk penyuluhan kepada masyarakat mengenai sosialisasi, pemeriksaan dasar, dan tanya jawab mengenai tema terkait.

Kegiatan project ini dimulai pada pukul 15.30 WIB yang dibuka oleh Ria Nur Fitria (2010711003) selaku Master of Ceremony pada acara tersebut. Setelah pembukaan dan pembacaan doa, para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Acara selanjutnya, yaitu sambutan-sambutan dari beberapa tamu undangan. Sambutan diawali oleh Charissa Tiara Putri (2010711083) selaku Ketua Pelaksana, dilanjutkan sambutan oleh Bapak Ns.Rycco Darmareja, S.Kep.,M.Kep, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Keperawatan Kritis.

WhatsApp_Image_2023-11-01_at_12.03.58.jpeg

Selanjutnya sambutan oleh Bapak Supriyanto selaku Ketua RT 03. Setelah itu, masuk pada acara inti, yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh tim pemateri, yaitu Rachma Fitriya Ningsih (2010711101), dan Rana Rozanna (2010711104). Pada saat sesi tanya jawab para warga sangat antusias dalam bertanya. Pemateri dan panitia menjawab pertanyaan dengan cukup baik dan ditambahkan serta diluruskan oleh Bapak Ns. Rycco Darmareja,M.Kep. Setelah penyampaian materi selesai dilanjutkan dengan pengisian post test kuesioner oleh warga yang hadir.

Pada pengisian post test kuesioner, setiap warga didampingi oleh fasilitator. Setelah pengisian kuesioner selesai, dilanjutkan dengan penutupan serta pembacaan doa, kemudian foto bersama, dan diakhiri dengan acara cek kesehatan yaitu cek asam urat dan tekanan darah. Para peserta antusias mengikuti cek kesehatan dan mengantri dengan tertib. Acara penyuluhan kesehatan mengenai edukasi manajemen nutrisi pada pasien pasca stroke berjalan dengan baik dan lancar. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan project penyuluhan ini, masyarakat setempat dapat mengetahui pemenuhan nutrisi apa saja yang dapat diberikan kepada pasien pasca stroke khususnya para warga Posbindu Mekar Alam dan sekitarnya.

Informasi