• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Praktik Promosi Kesehatan Dengan Metode Podcast Oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 14 November 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 673

FIKES UPNVJ - Pelaksanaan rekaman Podcast telah dilaksanakan oleh mahasiswa semester 3 Kelas Promosi Kesehatan Masyarakat D program studi Kesehatan Masyarakat di bawa bimbingan Ibu Yuri Nurdiantami S.Farm., Apt., MPH. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan promosi kesehatan pada masyarakat melalui media suara dan gambar. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok diberi kebebasan untuk memilih tema podcast yang berkaitan dengan isu kesehatan dengan syarat masing-masing tema dari kelompok tidak boleh sama. Kelompok 1 membahas tips sehat untuk mahasiswa yang pembahasannya dikelompokkan dari 3 aspek kesehatan yaitu kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kesehatan sosial. Dilanjut dengan kelompok 2 yang membahas apa itu ketunarunguan atau tuli, etika dan budaya kawan tuli, jenis bahasa isyarat yang terdiri dari SIBI dan BISINDO, influencer yang membahas tentang disabilitas dan kawan tuli, pemberdayaan kawan tuli pada bidang kerja, dan hari bahasa isyarat Internasional. Selanjutnya, kelompok 3 mengulas tentang Excessive Screen Time yang dianjurkan untuk remaja dan dewasa agar tidak mengganggu kesehatan mata selain itu membahas solusi untuk mahasiswa yang tidak perlu takut lagi mengerjakan tugas-tugas banyak terkait dampak buruk yang diperoleh dari Excessive Screen Time ini.

WhatsApp_Image_2022-11-14_at_13.48.05.jpeg

Selain itu ada juga beberapa kelompok yang berfokus terhadap pembahasan suatu penyakit, seperti kelompok 4 dan 6 misalnya. Kelompok 4 membahas mengenai obesitas yang dimulai dari faktor penyebab, pencegahan, dan juga pola makanan serta aktivitas fisik sebagai bagian dari empat pilar gizi seimbang. Tidak hanya di kelompok 4 yang membahas mengenai gizi seimbang, kelompok 5 juga membahas mengenai gizi seimbang dengan metode isi piringku yang dilengkapi dengan tips memilih makanan yang sehat serta hemat dan cocok untuk anak kost. Selain kelompok 4 yang membahas mengenai faktor penyebab obesitas, pencegahan obesitas, penanggulangan serta dampak dari obesitas, kelompok 6 juga berfokus pada bahasan penyakit HIV/AIDS. Kelompok 6 membahas mulai dari perbedaan HIV dan AIDS, miskonsepsi HIV, pencegahan dan pengobatan HIV, situasi HIV di Indonesia, dan peran mahasiswa dalam menanggulangi HIV/AIDS.

WhatsApp_Image_2022-11-14_at_13.56.44.jpeg

Dari beberapa tema dan video podcast yang telah dibuat oleh tiap kelompok dapat dilihat bahwa podcast ini bertujuan untuk memberi ilmu dan pemahaman mengenai berbagai macam hal seputar kesehatan dan tentu saja dari video podcast ini diharapkan dapat memberi pengetahuan dan meningkatkan kepedulian kepada masyarakat atas kesehatan kita semua. Podcast dapat menjadi media promosi kesehatan yang baik bagi semua kalangan dan dinilai cukup menarik perhatian masyarakat. Diharapkan melalui podcast yang telah dibuat oleh tiap kelompok mampu memberikan kontribusi terhadap meningkatnya derajat kesehatan di Indonesia. Dengan adanya podcast yang telah dibuat semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang mendengarkan dan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Informasi