• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Based Learning Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 729

FIKES UPNVJ - Minggu, 17 April 2022, Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana semester 4. Pada kelas B angkatan 2020, mata kuliah ini diampu oleh Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd, MKM.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_15.17.37.jpeg

Project Based Learning (PBL) menjadi salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Melalui metode pembelajaran Project Based Learning (PBL), mahasiswa dapat langsung mengaplikasikan materi yang telah dipelajari.  Kegiatan Project Based Learning dengan tema “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” yang dilaksanakan oleh kelompok 2 kelas B ini berlangsung pada Minggu, 17 April 2022 pukul 09.00 WIB - selesai di Yayasan Panti Asuhan Sakinah Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak Panti Asuhan Sakinah Depok mengenai Perilaku  Hidup  Bersih  dan  Sehat  (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_15.17.30.jpeg

Rangkaian acara dimulai dari pembukaan oleh MC, sambutan-sambutan, pengisian pre-test, introduksi PHBS dan game, pemaparan materi PHBS secara umum, pembagian kelompok, ice breaking, pemaparan materi secara mendalam oleh mahasiswa di setiap kelompok, pengisian posttest, ice breaking, penutupan, dan pembagian sembako serta foto bersama.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_15.17.23.jpeg

Kegiatan Project Based Learning ini merupakan pembelajaran praktik secara nyata dari mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Mahasiswa dapat merencanakan sebuah kegiatan kesehatan yang dimulai dari tahap pertama yaitu analisis atau identifikasi masalah, menentukan prioritas masalah, menentukan tujuan kegiatan, menyusun perencanaan tindakan (POA), hingga tahap terakhir yaitu monitoring dan evaluasi dengan tujuan untuk memberikan tindakan dan solusi atas masalah kesehatan yang ditemukan. Dengan kegiatan Project Based Learning ini, mahasiswa juga dapat bertemu secara langsung dan memberikan edukasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada anak-anak panti asuhan.

Dengan terlaksananya kegiatan Project Based Learning tersebut, diharapkan terjadinya peningkatan pengetahuan anak-anak Panti Asuhan Sakinah Depok mengenai Perilaku Hidup Bersih  dan  Sehat  (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah penyakit yang rentan diderita yaitu gatal-gatal, diare, maag, masalah sulitnya diatur dalam hal kebersihan, serta asupan gizi yang belum seimbang. Selain itu, diharapkan juga kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri dalam melakukan penyuluhan kepada masyarakat secara langsung.

Informasi