• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kegiatan Webinar Promosi K3 “Pencegahan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja WFH”

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 09 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 337

FIKES UPNVJ - MSDs adalah serangkaian sakit pada tendon, otot, dan saraf. Aktivitas dengan tingkat pengulangan tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan rasa tidak nyaman pada otot. MSDs dapat menyerang seseorang yang bekerja dalam posisi statis yang cukup lama, salah satunya yaitu pekerja yang saat ini banyak bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) contohnya pekerja white collar yang sehari-harinya dapat menghabiskan waktu berjam-jam dalam posisi statis di depan komputer.

WhatsApp_Image_2022-06-09_at_13.38.38_(1).jpeg

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya risiko MSDs bagi pekerja, Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat menggelar webinar promosi K3 yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan mengangkat tema “Pencegahan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja WFH”. Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memiliki peran dalam melakukan promosi kesehatan pada pekerja di masa pandemi Covid-19 untuk meminimalisir risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada pekerja selama WFH. Oleh karena itu, pada hari Kamis, 26 Mei 2022 kelas 6C mengadakan webinar yang diampu oleh Ibu  Rizki Amalia, SKM, M.H.Sc selaku dosen mata kuliah Promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Kegiatan webinar ini diikuti oleh berbagai peserta yang terdiri dari pekerja, mahasiswa, pelajar, dan dosen.

WhatsApp_Image_2022-06-09_at_13.38.51.jpeg

Webinar Promosi K3 menghadirkan dua pembicara dan dipandu moderator oleh Naviri Agustiani. Pembicara pertama yaitu Jihan Ari Utami selaku mahasiswa UPN Veteran Jakarta Program Studi D3 Fisioterapi, sedangkan pembicara kedua yaitu Andia Nabila selaku mahasiswa UPN Veteran Jakarta Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat.

Acara ini berlangsung selama 2 jam dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, lalu sambutan dari Ketua Pelaksana oleh Rifa Mahira Andini. Kemudian, dilanjutkan dengan Sesi Pembicara 1 yang dibawakan oleh Jihan Ari Utami dengan materi terkait Musculoskeletal Disorders (MSDs) yang dilanjutkan dengan sesi pembicara 2 yang dibawakan oleh Andia Nabila dengan materi terkait Inovasi Program Kerja dalam Penanganan Musculoskeletal Disorders (MSDs) selama WFH setelah itu para peserta melakukan sesi tanya jawab. Kegiatan sesi tanya jawab ini sangat meriah karena banyak antusias dari para peserta yang rata-rata dari pekerja. Lalu, dilanjutkan lagi dengan pengisian kuis dan ditutup dengan dokumentasi.

Keseluruhan acara webinar ini berlangsung dengan lancar dan interaktif. Berdasarkan form evaluasi webinar ini berkesinambungan dengan peningkatan kejadian Musculoskeletal Disorders (MSDs) yang dialami pekerja selama WFH.

Informasi