• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kegiatan Pratikum Gizi Kuliner "Makanan Etnik Nusantara"

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 13 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 517

FIKES UPNVJ - Tanggal 7 Juni dan 10 juni 2022, Kegiatan Pratikum secara luring Mahasiswa Program Studi Gizi Program Sarjana UPN Veteran Jakarta dilaksanakan di laboratorium kuliner dan dietetik, kegiatan pratikum ini merupakan matakuliah wajib dari Program Studi Gizi Program Sarjana, matakuliah dasar kuliner yang secara teori mereka telah menerima dikelas perkuliahan denga topik terkait makanan etnik nusantara, Melalui kegiatan pratikum gizi kuliner mahasiswa ilmu gizi semester 2 angkatan 2021 mampu mengolah dan menguasai secara filosofis  dari makanan tersebut.

WhatsApp_Image_2022-06-13_at_14.59.56.jpeg

Secara dasar mahasiswa Program Studi Gizi Program Sarjana sudah mampu menguasai dari berbagai teknik memasak dan mengolah, mahasiswa ditekanakan bukan hanya teknuik memasak dan bahan-bahan akan tetapi mahasiswa mengusai dari sisi filosifis sehingga makanan yang diolah tersebut menyertakan asli makanan tersebut berasal dari daerah mana, tanpa mengurangi cita rasa dan khas makanan tersebut. Dengan adanya kegiatan pratikum secara offline diharapkan dari mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan oleh Dosen pengampu matakuliah Dasar Kuliner, bukan hanya teori saja yang mereka pelajari namun praktek langsung ini diharapakan menambah skil dan pemahaman dalam membuat sebuah menu makanan yang bergizi dan memiliki nilai estetika adapun menu-menu yang mereka olah fokus pada topik bertajuk makanan etnik nusantara seperti :

  1. Sate Lilit dari daerah Provinsi Bali
  2. Tekwan dari daerah Provinsi Palembang
  3. Mie Aceh dari daerah Provinsi Aceh
  4. Ayam Pop dari daerah Provinsi Sumatra Barat (Padang)
  5. Palu Mara dari daerah provinsi Sulawesi Selaran (Makassar)
  6. Soto Betawi dari daerah DKI
  7. Gudeg dari provinsi DIY (Jogja)
  8. Gulai Ikan kakap Dari daerah Jambi

WhatsApp_Image_2022-06-13_at_15.00.01.jpeg

Kegiatan pratikum terbagi menjadi 3 kelas, dan masih banyak menu-menu nusantara diolah kegiatan pratikum dasar kuliner, kelas a, b dan c sebanyak 8 kelompok/8 menu masakan yang diolah. Pratikum mata kuliah Dasar Kuliner dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh kepala laboratorium gizi, yang dimana pelaksanaan pratikum di bimbing langsung oleh dosen pengampu matakuliah,.sdr. M. Ikhsan Amar S. Gz., M. Kes, Luh Desi  Puspareni, S.T.Gizi., M.Gizi dan  Ikha Deviyanti Puspita, S.Gz., M.K.M.  

.

Informasi