• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Program Studi Fisioterapi Diploma Tiga : Observasi Pelayanan Kesehatan dan Sarana Prasarana di Puskesmas Wilayah Jabodetabek

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 29 Maret 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 622

FIKES UPNVJ - Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di luar kelas dalam mata kuliah Fisioterapi Komunitas dengan mengadakan observasi di 14 Puskesmas Wilayah Jabodetabek pada hari Kamis 24 Maret 2022. Kegiatan observasi dilakukan oleh mahasiswa Semester 4 dengan total keseluruhan 14 kelompok, terdiri dari 7 kelompok dari Kelas A dan 7 kelompok kelas B. Adapun dosen pengampu Mata Kuliah Fisioterapi Komunitas yaitu Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc., AIFO; Ibu Condrowati, S.Fis., M.Sc., AIFO; dan Bapak Andy Sirada, SST., M.Fis, AIFO.

WhatsApp_Image_2022-03-29_at_15.59.55.jpeg

Kegiatan dilakukan di beberapa Puskesmas dengan rincian puskesmas sebegai berikut:

  1. Puskesmas Mampang
  2. Puskesmas Bojongsari
  3. Puskesmas Cinere
  4. Puskesmas cipayung
  5. Puskesmas Pamulang
  6. Puskesmas Kebayoran Lama
  7. Puskesmas Pancoran Mas
  8. Puskesmas Sawangan
  9. Puskesmas Tanah Baru
  10. Puskesmas Limo
  11. Puskesmas Rangkapan Jaya Baru
  12. Puskesmas Beji
  13. Puskesmas Cinangka
  14. Puskesmas Mekarsari

Kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan melihat secara langsung mengenai pelayanan kesehatan dan sarana prasarana yang ada di Puskesmas wilayah Jabodetabek. Dalam hal ini kita ketahui bahwa puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Adanya kegiatan observasi ini juga diharapkan para mahasiswa dapat memperoleh dan mengidentifikasi beberapa data diantaranya profil puskesmas, SDM yang tersedia, jenis pelayanan dan fasilitas kesehatan yang tersedia serta mengidentifikasi jumlah kunjungan dan masalah kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat.

Informasi