• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Upaya Pencegahan Anemia dan Pengenalan Tablet Tambah Darah Pada Remaja

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 17 Maret 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 60

FIKES UPNVJ– Jakarta Selatan, 13 Maret 2020. Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat mengadakan kegiatan penyuluhan kepada siswa dan siswa SMP, pada tanggal 13 Maret 2020 mengenai “Upaya Pencegahan Anemia dan Pengenalan Tablet Tambah Darah Pada Remaja”. Tempat penyuluhan berlokasi di SMP Yapimda, Jakarta Selatan. Penyuluhan Tersebut dilakukan untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Penyuluhan dan Konseling yang dibimbing oleh ibu Ayu Anggraeni Dyah Purbasari, SKM, MPH (M).

PKM2.jpg

Peserta penyuluhan berjumlah 54 siswa dan siswi terdiri dari 37 siswi dan 17 siswa yang merupakan murid kelas 7 dan 8 SMP Yapimda, dimana mereka rata-rata berusia 13 sampai dengan 15 tahun. Siswa dan siswi mendapatkan penyuluhan mengenai upaya pencegahan anemia dan pengenalan tablet tambah darah pada remaja dengan tujuan agar mereka dapat memahami apa itu anemia, dan mengetahui bahaya yang terjadi ketika remaja mengalami anemia serta dapat menerapkan perilaku makan yang baik. Selain itu, tujuan penyuluhan ini juga untuk mengenalkan pentingnya mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri sehingga mereka mengetahui bagaimana cara mencegah anemia sedini mungkin. Media yang digunakan dalam penyuluhan mengunakan powerpoint, poster dan stiker. Sebelum dilakukannya penyuluhan, disebarkan pre-test dan setelah penyuluhan dilakukannya post-test untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan siswi setelah mendapatkan materi tersebut. Hasil yang didapatkan dari penyuluhan tersebut berupa kenaikan tingkat pengetahuan siswa dan siswi SMP Yapimda dan ketika penyuluhan berlangsung peserta sangat aktif serta tidak meninggalkan ruangan selama penyuluhan.

pkm1.jpg

Diharapkan dari bertambahnya pengetahuan tersebut, dapat meningkatkan derajat kesehatan remaja di Indonesia. Penyuluhan tersebut diadakan oleh mahasiswa S1 Kesehatan masyarakat yang bernama Soraya Maulina Sari dan diberi dukungan oleh teman-teman yang terdiri dari Annisa Dwi Kusumawati, Sheila Rizkia Anjari, Farhana Nissa Ananda, dan Fera Kresyca yang merupakan mahasiswa dari program studi SI Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.

PKM.jpg

Informasi