• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Imun Didalam Tubuh di Masa Pandemi (Covid-19)

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 20 Januari 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 142

FIKES UPNVJ - Di masa pandemi covid-19 ini, setiap seorang individu harus bisa menjaga kesehatan dan mampu meningkatkan imun agar tidak mudah tertular virus. ada beberapa Tips yang bisa menjadi acuan kita dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan imun di masa Covid - 19 ini, apa saja yang harus kita lakukan yaitu :

1. Istirahat yang Cukup

Memiliki sistem kekebalan tubuh kuat merupakan impian semua orang. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, manusia harus mampu menjaga serta meningkatkan imun agar tidak terinfeksi virus covid-19 yang kini menjadi momok menakutkan.

Menurut National Sleep Foundation, seorang manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh.

Perlu diingat, bahwa tanpa tidur cukup dalam sehari, tubuh tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin merupakan sejenis protein yang digunakan untuk melawan infeksi serta peradangan kemudian secara efektif akan menciptakan respon imun tubuh.

Istirahat.png

2. Berolahraga

Menurut salah seorang ahli di National Institute of Health, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Sehingga kegiatan ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Dengan berolahraga seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini menjadikannya dapat mengurangi resiko terjangkit berbagai penyakit. Intensitas waktu untuk melakukan kegiatan ini kurang lebih sekitar 75 menit aktivitas fisik aerobik dalam satu minggu.

WhatsApp_Image_2017-03-14_at_07.50_.06_.jpeg

3. Gizi Seimbang

Makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa pandemi covid-19. Maka dari itu, perlu adanya gizi yang seimbang ketika makan agar seseorang dapat meningkatkan imun tubuh.

Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh. Untuk itu seseorang perlu memperhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin, dan menjaga perilaku hidup bersih.

Gizi_Seimbang.jpg

4. Penunjang Sistem Imun

Cara meningkatkan imun selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi banyak makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Beberapa contohnya adalah brokoli dan bayam. Di dalam dua jenis sayur tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin A.

Selain kedua sayur tersebut, masih banyak lagi makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imun tubuh, di antaranya yaitu kunyit, bawang putih, seafood (ikan, kerang, tiram), serta buah-buahan seperti lemon, jeruk, kiwi, jambu, dan lain-lain.

Sayuran.jpg

5. Minum Air Putih

Di masa pandemi seperti saan ini, sangat penting bagi seseorang untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi virus. Maka dari itu Anda perlu memenuhi kebutuhan air sehingga tidak akan mengalami dehidrasi.

Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

 Air.jpg                             

6. Menghindari Stress 

Tips atau cara meningkatkan imun tubuh yang paling penting untuk dilakukan yaitu mengelola stress dengan baik. Karena, jika tidak maka dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar.

Ketika hormon kortisol tinggi, maka sistem imun dapat melemah. Dalam mengelola stress Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti olahraga ringan, beraktivitas dengan hobi, aktif bersosialisasi bersama teman walaupun melalui telepon gengam, dan sebagainya. 

stres.png

7. Berjemur

Adanya asupan vitamin D sangat diperlukan ketika meningkatkan imun tubuh selama masa pandemi covid-19. Menurut salah satu dokter spesialis kulit dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta, seseorang dapat meningkatkan kekebalan tubuh jika terkena paparan sinar mata hari pada jam 08.00-09.00.

Intensitas waktu yang diperlukan untuk berjemur juga tidak perlu lama-lama. Cukup 10-15 menit saja setiap kali Anda melakukan kegiatan tersebut. Akan tetapi harus dilakukan rutin kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu.

WhatsApp_Image_2021-01-11_at_07.50.27.jpeg

8. Konsumsi Suplemen Secara Rutin

Selain mengkonsumsi banyak makanan-makanan bergizi, terkadang seseorang juga perlu sumplemen pendamping dalam meningkatkan imun tubuh. Pemilihannya pun tidak bisa sembarangan. Misalkan Suplemen yang dibutuhkan adalah Vitamin C, B, D dan Zinc 

Semoga bermanfaat dan tetap Selalu ingat Pesan Ibu 3 M Menggunakan Masker, Mencuci tangan dan Jaga Jarak 2 M, Selalu optimis, Berdoa dalam menghadapi segala Cobaan tidak ada yang bisa melawan semua kecuali diri kita sendiri dan support dari yang kita sayangi.

Semangat, kita harus sehat untuk diri kita, keluarga kita dan orang kita sayangi. Salam Bela Negara

Informasi