• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Rapat Tinjauan Manajemen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana: Progress Persiapan Reakreditasi Dan Program Akademik

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 05 Mei 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 307

FIKES UPNVJ - Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta (Prodi Kesmas) telah melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada Jumat, 5 Mei 2023, Pukul 9.00 WIB. RTM dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Bapak Arga Buntara, S.K.M., M.P.H. selaku Kepala Prodi Kesmas memimpin langsung rapat yang dihadiri oleh 15 dosen tetap Prodi Kesmas. Agenda yang dibahas antara lain progress persiapan reakreditasi, serta kabar terkini mengenai persiapan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 1 dan 2, juga mengenai placement test peminatan.

WhatsApp_Image_2023-05-05_at_15.48.00.jpeg

Di awal, Kepala Prodi Kesmas menyampaikan informasi terkini mengenai placement test peminatan, yakni mengenai lokasi dan fasilitas. Setelah berkomunikasi dengan pengolah data akademik fakultas pada beberapa hari sebelumnya, placement test peminatan dimungkinkan untuk dilaksanakan di Kampus Limo. Secara rinci, ruang yang dapat digunakan adalah Laboratorium CBT yang ada di Gedung A Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UPN “Veteran” Jakarta dan di Gedung MerCe Fakultas Kedokteran (FK) UPN “Veteran” Jakarta.

WhatsApp_Image_2023-05-05_at_15.47.55.jpeg

Berikutnya, Ibu Dr. Fajaria Nurcandra, S.K.M., M.Epid. sebagai penanggung jawab PBL 1 dan 2 menyampaikan informasi terkini mengenai lokasi pelaksanaan PBL 1 dan 2. Pihak Puskesmas Pengasinan telah memberikan informasi mengenai RW mana saja yang dapat menjadi prioritas perhatian dan intervensi kesehatan. Di Kelurahan Pengasinan, RW 01, 02, 03, 04, 05, dan 08 menjadi prioritas, sedangkan di Kelurahan Bedahan, hanya RW 07 yang menjadi prioritas. Diskusi yang terjadi mengenai PBL 1 dan 2 antara lain mengenai potensi isu kesehatan masyarakat yang ditemui, kehadiran mahasiswa, penegasan kembali kompetensi yang akan dicapai melalui kedua mata kuliah tersebut.

WhatsApp_Image_2023-05-05_at_15.47.50.jpeg

Setelah membahas PBL 1 dan 2, Ibu Dr. Ns. Dyah Utari, S.Kep., M.K.K.K. bersama Ibu Dra. Marina Ery Setiyawati, M.M. sebagai tim dari Kriteria 4 (Sumber Daya Manusia) mempresentasikan rekapitulasi terkini mengenai kelengkapan data dosen tetap Prodi Kesmas. Sebagian besar dosen tetap telah mengunggah dokumen data pribadi seperti ijazah, sertifikat kompetensi, dan partisipasi dalam forum ilmiah. Tim Kriteria 4 juga menggunakan dokumen yang diunggah untuk pengakuan angka kredit dosen sebagai pendukung Kriteria 4.

Sesi selanjutnya adalah presentasi dari Kepala Prodi Kesmas mengenai Dokumen Kinerja Program Studi. Beliau menjelaskan tabel-tabel yang perlu diisi dan dokumen pendukung yang dibutuhkan, dari Kriteria 1 hingga Kriteria 9. Dokumen-dokumen pendukung yang telah tersedia setelah Surveilans Akreditasi LAM-PTKes Tahun 2021 perlu dimutakhirkan sehingga terdapat data dan dokumen pendukung selama tiga tahun terakhir.

Kesimpulan dari RTM ini antara lain terus berkomunikasi dengan pihak Puskesmas Kelurahan Pengasinan mengenai informasi jumlah dan distribusi warga secara rinci, meneruskan pelengkapan dokumen data dosen tetap, serta pembuatan shortcut yang menghubungkan dokumen Surveilans Akreditasi LAM-PTKes Tahun 2021 dengan dokumen Reakreditasi Tahun 2023. Selain itu, para dosen tetap Prodi Kesmas perlu memprioritaskan untuk mengunggah dokumen pendukung bukti pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tersebar di Kriteria 6 (Pendidikan), Kriteria 7 (Penelitian), Kriteria 8 (Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kriteria 9 (Luaran Tri Dharma) selama satu pekan ke depan. (AB)

Informasi